Dompak – Ketua Senat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Dr. H. Abdul Malik, M.Pd dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kamis (8/6/2023) di Auditorium UMRAH Dompak. Dalam Majelis pengukuhan ini, Prof. Malik menyampaikan orasi ilmiah pengukuhan yang bertajuk “Raja Ali Haji: Dengan Kalam Menyatukan Bangsa”.

“Saya memilih judul orasi ini adalah bentuk apresiasi dan kekaguman terhadap Raja Ali Haji Rahimahullah yang sampai saat ini menurut saya belum ada bandingannya. Oleh karena itu UMRAH harus bisa mengejar prestasi yang diraih oleh Raja Ali Haji” Terang Profesor Abdul Malik.

Ia menjelaskan dalam pidatonya bahwa Raja Ali Haji adalah orang pertama di bidang Bahasa dan Sastra Melayu yang melakukan kodifikasi bahasa melayu.

Bahasa Melayu sendiri dikatakan oleh para ahli bahasa sudah eksis sejak 5000 tahun yang lalu dan sama tingkatnya pula dengan bahasa Perancis, Inggris, Itali, dan sebagainya, namun bahasa melayu belum dilakukan kodifikasi.

“Raja Ali Haji adalah orang pertama yang melakukan kodifikasi bahasa melayu sehingga dapat dipergunakan dalam bentuk lain seperti kamus. Melalui Karya Kitab Pengetahuan Bahasa, Raja Ali haji menyusun kamus bahasa melayu tidak seperti kamus kebanyakan, namun secara lengkap arti sebuah kata itu dijelaskan” terang Profesor Haji Abdul Malik.

Dengan karya-nya Raja Ali Haji menampakkan perlawanan kepada Penjajah Belanda. Berkat pembinaan yang terus dilakukan Raja Ali Haji sampai ia berpulang ke Rahmatullah pun, Bahasa Melayu Riau Lingga semakin luas pengaruhnya. Bahasa Pengantar pendidikan Kolonial kala itu digunakan Bahasa Melayu murni Semenanjung Malaka dan Kepulauan Riau hasil pembinaan bahasa melayu yang dirintis oleh Raja Ali Haji.

Koordinator Program Pendidikan Profesi Guru sejak tahun 2023 ini juga tercatat sebagai tokoh pembentukan provinsi Kepulauan Riau dan Pendiri Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Karir Profesional sebagai akademisi di tahun 1985 hingga 2007 dirintis oleh Prof. Abdul Malik di FKIP UNRI kemudian pengabdian dilanjutkan di kampung halaman, Kepulauan Riau di Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang sejak tahun 2007 hingga sekarang.

Prof. Abdul Malik sendiri adalah pengkarya yang produktif dengan portofolio tulisan sebanyak 850 Esai sastera, budaya, bahasa, dan pendidikan, 55 Buku, 63 Artikel jurnal nasional dan Internasional, 60 hasil riset dan 140 hasil makalah.

Foto : Rendi

Liputan : Ariq

Editor : Adi Pranadipa