Jakarta – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) kembali menunjukan kegemilangannya dalam Upaya Pelestarian Pantun sebagai warisan dunia dengan meraih juara umum di Festival Pantun Nasional 2023 yang ditaja sempena Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Dalam perhelatan yang digelar pada rabu (14/6) hingga Sabtu(17/6) di Gedung Raden Dewi Sartika Kampus UNJ, kontingen UMRAH berhasil memenangkan juara Pertama lomba berbalas pantun kategori Kelompok atas nama Musliha, S.Pd, M.Pd (Dosen Prodi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMRAH) dan  Syarifah Nazla AL Qudsi (Mahasiswa Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMRAH) ; juara dua kategori Individu atas nama Reni Putri Octaviana (Mahasiswa Pendidikan. Biologi FKIP UMRAH); serta juara 3 kategori Individu atas nama Silvia Berliana Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMRAH.

Dengan kemenangan UMRAH ini, UNJ selaku tuan rumah memberikan anugerah cenderamata berupa Buku Pantun Nasihat se-Asean yang bertatahkan nilam pujangga tinta kencana.

Dewan Juri yang terdiri dari Dr. Sam Mukhtar Chaniago, M.Pd., dan Dr. Tuti Tarwiyah, menyanjung dan mengelukan Kontingen UMRAH sebagai role model dalam kepiawaian berpantun, khususnya dalam keindahan diksi/gaya bahasa dan tata cara berlomba. ”Pantunnya indah, bernas, dan berkias. Cara pengungkapan pantunnya juga khas” ujar Dr. Sam yang juga penyair ini.

Suksesnya ajang Festival Pantun yang ditaja oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini tidak terlepas dari peran aktif para penggiat pantun dari seluruh Indonesia, bahkan dunia, hal ini terbukti dari hangatnya sambutan dari perwakilan negara sahabat pada saat acara pembukaaan, seperti Thailand, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura, guna mengapresiasi kegiatan ini.

Peserta Festival Pantun ini terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari tingkat pelajar, mahasiswa, dan umum. Jumlah keseluruhan peserta adalah sebanyak 403 peserta, dengan rincian peserta kategori kelompok sebanyak 276 grup dan kategori individu sebanyak 127 peserta. Dr. Sam Mukhtar Chaniago, M.Pd., dan Dr. Tuti Tarwiyah, M.Pd. bertugas sebagai Dewan Juri beserta tim yang terlibat.

Dalam kesempatan yang sama, Musliha, dosen pembimbing dan sekaligus peserta lomba Festival Pantun Nasional 2023 beserta seluruh kontingen mahasiswa UMRAH yang turut bertanding berharap ke depannya UMRAH juga bisa mengadakan kegiatan Festival Pantun Nasional yang serupa, bahkan diyakini mampu lebih baik lagi dalam pelaksanaan, mengingat pantun adalah budaya warisan nenek moyang orang Melayu.

Selain itu juga Musliha dan para mahasiswa yang turut serta dalam helat ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pimpinan UMRAH khususnya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UMRAH Dr. Suryadi, MH yang telah memfasilitasi persiapan kontingen dan menyertakan mereka pada Festival Pantun tersebut. Sehingga mampu mendapatkan hasil yang memuaskan

“Semoga UMRAH juga bisa menjadi tuan rumah dengan mengadakan Festival Pantun Internasional,mengingat bahwa pantun telah menjadi Warisan Budaya Dunia ” ujar Musliha.


Liputan : Denny Erfanosa (Pranata Humas BAPKK)

Editor : Adi Pranadipa