TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) bersama Mongabay Indonesia sepakat menjalin kerja sama. Hal tersebut diputuskan sesaat setelah dilakukan pertemuan terbatas antara Kedua belah pihak. Di Kampus UMRAH Dompak. Rabu (14/6/2023).

Penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dilakukan langsung oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA dan Direktur Operasi Mongabay Indonesia Dr. Ridzki Rinanto, S.Hut, M.M disejalankan dengan kegiatan Diskusi Publik ‘Ancaman Bencana Iklim terhadap Pulau-pulau Kecil di Provinsi Kepri’ yang melibatkan Anggota Asosiasi Jurnalistik Independen (AJI) Tanjungpinang, Civitas Akademika UMRAH, LSM, Pemerhati Lingkungan dan Mongabay Indonesia Perwakilan Kepri.

Saat menyampaikan sambutan, Rektor UMRAH mengawali dengan puisi hasil buah pikirnya terkait Lingkungan Laut dengan tajuk ‘Ijma Laut Kala Cerubuk’. Menurut Rektor Agung puisi yang dibacakannya adalah kumpulan narasi-narasi yang dibuat untuk membangunkan masyarakat supaya disadarkan.

“Berbicara tentang bencana iklim terhadap pulau-pulau kecil banyak hal yang telah dirasakan saat ini seperti perubahan cuaca yang ekstrim, belum lagi bahaya-bahaya lain seperti perubahan struktur komunitas dari pada ekosistem pulau-pulau kecil itu sendiri. Secara detail nanti bisa dikupas pada diskusi publik yang akan diisi oleh Mongabay Indonesia dan Pakar dari UMRAH”. Ucap Rektor.

“Kepada adik-adik Mahasiswa kalian harus menjadi agen-agen yang menviralkan bahwa jika ada kendala kalau tidak mengambil sikap dengan segera maka akan sulit dihadapi. Seperti yang tertuang didalam Ijma Laut Kala Cerubuk, Kalau laut sudah mendonasi kapan saja, dia akan membinasakan dengan mudah sekali”. Pungkas Rektor.

Menurut Prof. Agung Dhamar Syakti ada beberapa rencana teknis kerja sama yang akan dijalin oleh UMRAH dan Mongabay Indonesia diantaranya Pelatihan-pelatihan, Publikasi hasil riset UMRAH dalam bentuk redaksional jurnalistik, serta kegiatan diskusi-diskusi terkait lingkungan khususnya di Kepulauan Riau.

Rektor UMRAH menekankan bahwa kerja sama yang dijalin adalah kerja sama dalam hal pengembangan dan pembelajaran terhadap lingkungan. Hal tersebut disampaikan saat pertemuan terbatas yang dihadiri juga oleh Humas UMRAH.

(Rendi/Humas UMRAH)