TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) secara serentak bersama 24 Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat lainnya gelar Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat). Di Pusat UTBK Kampus UMRAH Senggarang. Senin (3/7/2023).

Pelaksanaan UTBK yang dieselenggarakan selama 3 hari itu akan diikuti oleh 611 orang peserta dengan pembagian 2 sesi ujian per hari. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB dan Sesi kedua yang dimulai pada pukul 13.15 WIB. Dilaksanakan dari hari Senin (3/7) hingga Rabu (5/7).

Adapun materi yang diberikan dalam soal UTBK terdiri dari Tes Skolastik, Tes Literasi Bahasa indonesia, Literasi Bahasa Inggris dan Tes Penalaran Matematika. Hasil tes UTBK SMM PTN-Barat sendiri dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2023.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA menerangkan bahwa SMM PTN-Barat dilaksanakan oleh 25 PTN yang tergabung dalam BKS-PTN Wilayah Barat dan salah satunya adalah UMRAH. Dirinya juga mengatakan bahwa setiap peserta berhak memilih PTN mana yang mereka inginkan.

Pada jalur SMM PTN-Barat tersebut UMRAH memiliki daya tampung sebanyak 404 orang, 171 untuk Saintek yang terdiri dari 12 Program Studi dan 233 untuk Soshum terdiri dari 10 Program Studi.

Penilaian atas hasil UTBK SMM PTN-Barat tahun 2023 itu dilakukan dengan metode CEEB (Collage Entrance Examination Board) yang dilakukan oleh Panitia SMM PTN-Barat 2023 sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang nantinya akan diperingkat dari nilai tertinggi hingga terendah. Sedangkan penetapan kelulusan menjadi kewenangan dan tanggung jawab dari masing-masing Rektor PTN Barat.

Pada jalur SMM PTN-Barat 2023 UMRAH sendiri membuka untuk 22 Program Studi. Prodi Kedokteran merupakan Prodi baru yang ada di UMRAH dan menjadi Prodi Primadona yang paling memikat para calon mahasiswa baru.

Dari data yang dihimpun tercatat ada 216 orang yang memilih Prodi Kedokteran UMRAH sebagai pilihannya. Disusul Prodi Teknik Informatika dan Prodi Manajemen terbanyak ketiga.

(Rendi/Humas UMRAH)