TANJUNGPINANG – Mahasiswa FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Juara 3 Nasional pada ajang lomba tingkat Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara. Minggu (9/7/2023).

Forum Komunikasi Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia merupakan kegiatan pertemuan para pimpinan FKIP (Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, dan Ketua Program Studi) yang dilaksanakan setiap tahun untuk melakukan koordinasi kegiatan dan penyusunan program kerja dalam rangka memajukan dan meningkatkan dunia pendidikan di Indonesia.

Bukan hal yang mudah, dalam ajang perlombaan yang diikuti oleh 34 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia ini, Reni Putri Octaviana, mahasiswa program studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH memperoleh Juara 3 lomba Micro Teaching tingkat Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi (FORKOM) Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia dimana yang  berkesempatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan event FORKOM Pimpinan FKIP Negeri se–Indonesia Tahun 2023 adalah Universitas Khairun (Unkhair), Ternate, Maluku Utara. Reni Putri Octaviana yang merupakan mahasiswa  program studi Pendidikan Biologi sebelumnya juga mencatatkan namanya sebagai peraih Juara 2 Pantun Tingkat Nasional dan Peraih Pendanaan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan Skema Riset Eksakta.

Tahapan Grand Final kegiatan perlombaan tingkat mahasiswa FORKOM Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia ini dilaksanakan pada tanggal 6-9 Juli 2023. Rangkaian perlombaan ini diawali dengan acara pembukaan di Aula Banau FKIP Unkhair, dilanjutkan dengan pelaksanaan grand final lomba Micro Teaching. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilaksanakan di Halaman Kedaton Kesultanan Ternate yang dihadiri oleh Walikota Ternate, Sultan Ternate, Rektor Universitas Khairun, para Dekan, para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan, dan para Ketua Program Studi FKIP Negeri se-Indonesia.

Wakil Dekan I FKIP UMRAH, Gatot Subroto, mengucapkan selamat kepada Reni Putri Octaviana yang telah memperoleh pengakuan dan kesuksesan dalam kompetisi lomba Micro Teaching di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh FORKOM Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia tahun 2023. Ini adalah pencapaian yang patut dirayakan, tidak hanya oleh pemenang, tetapi juga oleh seluruh civitas akademika UMRAH. “Terima kasih telah turut andil memperkenalkan FKIP UMRAH di kancah nasional. Prestasi ini adalah sumber inspirasi dan kebanggaan bagi FKIP khususnya dan UMRAH secara keseluruhan. Teruslah berinovasi, berkreasi, dan berkontribusi untuk menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik. Bravo!” ucapnya.

Terpisah, Dekan FKIP UMRAH, Satria Agus, S.S., M.Pd. CIAR., merasa sangat senang dan bangga atas pencapaian gemilang mahasiswanya. Satria mengungkapkan perasaannya, “Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas pencapaian mahasiswa kami ini. Dengan pencapaian ini, kami dapat meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) FKIP UMRAH, terutama IKU 1.2. Terima kasih atas kerja keras Reni Putri Octaviana dalam kompetisi ini yang berhasil mengharumkan nama FKIP UMRAH di kancah nasional.” ungkap Dekan FKIP UMRAH.

“Pencapaian ini juga dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang pengajaran. Kompetisi semacam ini tidak hanya membangun rasa percaya diri, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan belajar dari satu sama lain.” tutupnya.

Laporan: Denny Erfanosa | Editor: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)