PONTIANAK – Sebanyak 951 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan XI Tahun 2023 berkumpul di Stadion Sepak Bola Universitas Tanjungpura untuk mengikuti acara pembukaan KKN Kebangsaan XI tahun 2023 dengan Universitas Tanjungpura menjadi penyelenggara tahun ini. Kamis (20/7/2023).

Peserta KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 ini berasal dari 73 Perguruan Tinggi (PT) di Indoensia  dan juga 2 perguruan tinggi dari negara tetangga Malaysia, yaitu Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) dan Universitas Teknologi MARA (UITM) Shah Alam.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh peserta dari unsur official PT yang terdiri dari Rektor beserta jajaran, Ketua LPPM, dan pendamping peserta KKN. Kegiatan pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan sejumlah pembekalan dari sejumlah tokoh nasional yang diantaranya adalah Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH, M.Hum dan tokoh lainya akan berlangsung dalam kurun waktu 4 hari sebelum seluruh peserta KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 98 desa yang tersebar di dua Kabupaten di Kalimantan Barat meliputi Kabupaten Sambas sebanyak 48 Desa dan Kabupaten Bengkayang sebanyak 50 Desa.

Dalam kata sambutannya Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si menyampaikan bahwa Tema KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 adalah Meneguhkan Nilai – Nilai Kebangsaan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI Di Wilayah Perbatasan Negara di Kalimantan Barat. Seperti yang diketahui bahwa Provinsi Kalimantan Barat berbatas langsung dengan Negara Malasyia. Belia menyampaikan bahwa Membangun dari pinggrian merupakan Kebijakan Strategis dari Presiden Joko Widodo oleh karena itulah Dua Kabupten di Kalimantan Barat, Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang dipilih menjadi lokasi KKN Kebangsaan XI Tahun 2023. Melalui KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 diharapkan bisa menjadi pengungkit percepatan pembangunan di daerah.

Berdasarkan tema dan isu strategis yang melandasi  KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 dengan berbagai program kerjanya, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) memutuskan untuk berparitisipasi menyukseskan agenda tersebut dengan mengirimkan 10 putra-putri terbaik yang berasal dari 5 Fakultas yang ada di UMRAH. Kesepeluh mahasiswa dengan Pendampingan Sekretaris LPPM, Koordinator KKN dan staff LPPM serta rombongan delegasi dari beberapa Universitas lainnya disambut dengan hangat oleh panitia. “Dengan agenda KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 yang akan diikuti oleh mahasiswa UMRAH selama lebih kurang satu bulan di Kalimantan Barat, kita berharap UMRAH dapat berkontribusi melalui kegiatan mahasiswa di desa-desa lokasi dan juga dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi lapangan mahasiswa delegasi yang kita kirimkan”, ucap Henky Irawan, Kepala LPPM.

Laporan: LPPM UMRAH/Pusat Kukerta UMRAH | Editor: Rendi (Humas UMRAH)