TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) secara resmi melepas mahasiswanya yang mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka program MBKM semester ganjil tahun 2023. Di ruang Tanjak lantai 3 Rektorat UMRAH Dompak. Senin (31/7/2023).

Kepala Biro Akademik Perencanaan Kemahasiswaan dan Kerja Sama UMRAH, Ary Satia Dharma, S.Sos, M.Si dalam kapasitasnya mewakili Rektor UMRAH melakukan pelepasan kepada 27 Mahasiswa UMRAH yang menjadi peserta program tersebut.

Ary Satia Dharma dalam sambutannya berpesan kepada para peserta untuk dapat menjaga sikap selama menjadi tamu di kampus tujuan, “Sebagaimana kata orang melayu dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.” Ucapnya dihadapan Mahasiswa peserta program pertukaran mahasiswa merdeka.

“Adik-adik sekalian merupakan orang yang dipercaya dalam program pertukaran mahasiswa skala nasional dengan tujuan kampus yang bergengsi dan berkelas dunia. Ini merupakan prestasi.” tambahnya.

“Adik-adik diharapkan dapat menjadi duta UMRAH di kampus tujuan, tunjukkan bahwa kita berasal dari Universitas yang mejunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Itu akan muncul dari sikap, prilaku dan cara kita bertutur, jangan bikin malu dan jangan bikin kampus tujuan kapok.” pinta Ary Satia Dharma kepada 27 Mahasiswa UMRAH peserta pertukaran mahasiswa merdeka.

“Tapi saya yakin kalian adalah orang-orang pilihan, tentunya tidak diragukan lagi.” timpalnya.

Ary Satia Dharma juga menyampaikan bahwa program tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mempelajari budaya baru (budaya belajar), sebagai media bertukar informasi dan untuk menggali sebanyak-banyaknya metode-metode belajar yang ada di kampus tujuan.

Adapun yang menjadi kampus tujuan dari 27 mahasiswa UMRAH peserta program pertukaran mahasiswa merdeka tahun 2023 antara lain Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Komputer lndonesia, Universitas Brawijaya, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Djuanda, Universitas Dr. Soetomo, dan Universitas Mataram.

Berdasarkan informasi yang didapat, peserta akan mulai diberangkatkan pada awal Agustus 2023, disesuaikan dengan jadwal di masing-masing kampus tujuan.

Liputan, Foto & Editor: Rendi/Humas UMRAH