PALEMBANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) bersama Universitas Sriwijaya (UNSRI) lakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk Peningkatan Kualifikasi Tenaga Pendidik (Dosen) di Fakultas Kedokteran UMRAH. Penandatanganan dilakukan oleh masing-masing Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Tengku Said Raza’i, S.Pi, MP (WR UMRAH) dan Prof. Ir. Zainuddin Nawawi, Ph.D, IPU (WR UNSRI). Di ruang kerja Wakil Rektor bidang Akademik UNSRI. Jumat (4/8/2023).

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu disaksikan oleh Wakil Rektor bidang Keuangan dan Umum UMRAH, Dr. Nancy Willian, S.Si, M.Si dan Dekan Fakultas Kedokteran UNSRI, dr. H. Syarif Husin, M.S.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Perencanaan UMRAH, Dr. Tengku Said Raza’i saat dihubungi oleh Humas UMRAH menerangkan bahwa Penandatanganan PKS itu merupakan tindaklanjut komitmen UMRAH dalam peningkatan kualifikasi dan kompetensi para Tenaga Pendidik (Dosen) di Fakultas Kedokteran UMRAH.

Dr. Said Raza’i mengatakan bahwa ada 12 Tenaga Pendidik FK-UMRAH yang akan disekolahkan, dimana 11 orang akan menjalani studinya di Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang dan 1 orang di Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Dirinya menyebutkan bahwa seluruh pembiayaannya bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“UMRAH berterimakasih kepada Bapak Gubernur Kepri sekaligus Ketua Umum Dewan Pertimbangan UMRAH, H. Ansar Ahmad beserta jajarannya yang sudah bersedia mengalokasikan dana untuk pengembangan SDM Fakultas Kedokteran UMRAH,” ucapnya.

“Diharapkan kepada teman-teman yang menjalani studi ini bisa menyelesaikan tepat waktu yakni 2 tahun. Dan menjadi leader utama sebagai penggerak kemajuan Fakultas Kedokteran UMRAH kedepan,” harapnya.

“Ucapan terima kasih juga kita sampaikan kepada Universitas Sriwijaya yang sudah bersedia membina dan mendidik para calon-calon Tenaga Pendidik (Dosen) Fakultas Kedokteran UMRAH di bidangnya masing-masing,” tambah Dr. Said Raza’i.

Dijelaskan lebih detail olehnya bahwa para Tenaga Pendidik FK UMRAH itu nanti akan menjalani studi di bidangnya masing-masing diantaranya Jurusan Biomedik (Farmakologi), Biomedik (Fisiologi), Biomedik (Mikrobiologi), Biomedik (Biokimia), Kesehatan Masyarakat (promosi kesehatan), Biomedik (Biologisel dan Molekular), Biomedik (Histologi), Biomedik (Fatologi Anatomi), Biomedik (Parasitologi Klinik), Biomedik (Anatomi), Kesehatan Masyarakat (Epidiomologi), serta Prodi Magister Pendidikan Kedokteran.

Para SDM Tenaga Pendidik Fakultas Kedokteran UMRAH itu akan memulai masa studinya pada tahun ajaran baru kalender akademik 2023/2024 dengan target selesai di tahun akademik 2024/2025 (2 tahun masa studi).

(Rendi/Humas UMRAH) | Foto: Istimewa