TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang diwakili oleh Wakil Rektor UMRAH bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama, Dr. Suryadi, S.P, M.H. secara langsung menyaksikan serah-terima pemberian beasiswa penuh kepada seorang calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UMRAH dari Pemerintah Kota Tanjungpinang. Di Kediaman calon Mahasiswa tersebut, Jalan Sei Payung, Kelurahan Tanjung Unggat. Kamis (3/8/2023).

Dr. Suryadi turut serta dalam rombongan Walikota Tanjungpinang mendatangi kediaman calon mahasiswa baru tersebut. Adinda Putri Nabilla merupakan penerima program beasiswa pendidikan untuk warga tidak mampu yang telah dicanangkan oleh Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, M.M.

Atas program beasiswa yang diberikan itu, Dr. Suryadi atas nama UMRAH sangat menyambut baik dan berharap program tersebut terus berjalan dan dapat bermanfaat untuk masyarakat tidak mampu. “Atas kerja sama dan kolaborasi antara Pemko Tanjungpinang dan UMRAH yang diinisiasi oleh Ibu Rahma sebagai Walikota sangat memberikan dampak yang menyentuh langsung kepada masyarakat sehingga program pendidikan gratis ini menjadi salah satu yang luar biasa sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masa depan generasi bangsa,” ungkap Suryadi.

Lebih lanjut, Dr. Suryadi menjelaskan proses penerimaan mahasiswa kedokteran tersebut telah melalui beberapa tahapan seleksi yang dilaksanakan dari seluruh Indonesia, dan UMRAH menyediakan kuota untuk 40 mahasiswa kedokteran di tahun pertama sebagaimana sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Kami menyediakan kuota 40 kursi dan sudah melalui proses seleksi yang diikuti sekitar dua ratusan orang melalui jalur mandiri (SMM PTN-Barat), dari 40 kursi tersebut disiapkan 12 kursi untuk anak daerah (program afirmasi) yang lolos sebagai calon mahasiswa kedokteran, sehingga sudah tercukupi kuota 40 kursi untuk Fakultas Kedokteran di UMRAH,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, M.M menyampaikan rasa bangganya kepada Adinda beserta orang tuanya atas prestasi yang diperoleh sehingga dapat menjadi mahasiswa perdana yang berasal dari Kota Tanjungpinang untuk berkuliah di Fakultas Kedokteran UMRAH. “Alhamdulillah, beasiswa dapat kita tunaikan untuk membantu masyarakat tidak mampu untuk menempuh pendidikan tinggi. Saat ini UMRAH sudah memiliki Fakultas Kedokteran yang tentunya harus diisi oleh putra-putri daerah agar bisa mengabdi di daerahnya sendiri. Mudah-mudahan melalui beasiswa ini membawa keberkahan untuk Adinda Putri Nabilla beserta orang tua  yang pastinya ikut berbangga atas prestasi yang diperoleh,” ungkap Rahma.

Rahma dalam kesempatan itu juga menjelaskan bahwa Pemko Tanjungpinang terus berkomitmen untuk membantu dan memfasilitasi anak-anak Tanjungpinang dalam mengenyam pendidikan. Dirinya juga bersyukur dengan adanya program afirmasi dimana akan memberikan peluang bagi anak daerah dalam mendapatkan pendidikan tinggi yang diinginkan.

Tak lupa pada kesempatan itu dirinya berpesan agar Adinda Putri Nabilla (penerima beasiswa) dapat mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh dan harus menjadi dokter yang rendah hati. “Jalani masa perkuliahan dengan sungguh-sungguh, jangan lupa bersyukur, berterima kasih kepada orang tua. Pesan dari kami atas nama Pemko Tanjungpinang agar prestasi dan peluang ini dapat dimanfaatkan dengan baik, serius ikuti perkuliahan sampai selesai dan jika sudah lulus jadilah dokter yang rendah hati serta memiliki rasa tanggung jawab,” pesannya kepada Adinda Putri Nabilla.

Sementara Adinda Putri Nabilla sendiri, saat ditanya dirinya merasa bangga dan barsyukur atas kepedulian Pemko Tanjungpinang. “Saya ucapkan terimakasih kepada Ibu Rahma, saya tidak menyangka saya bisa melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran UMRAH. Ini rezeki dari Allah yang diberikan dan saya akan bersungguh-sungguh, bekerja keras dan berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan pendidikan dengan baik,” ungkapnya.

(Rendi/Humas UMRAH) | Sumber: Siaran Pers Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Tanjungpinang | Foto: Istimewa