TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) melakukan diskusi kolaboratif di Ruang Serbaguna Tanjak lantai 3 Gedung Rektorat UMRAH Dompak. Jum’at (11/8/2023).

Kedatangan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) ke UMRAH merupakan kunjungan silaturahmi dengan UMRAH untuk membahas kerja sama antara Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Cakupan Kerja sama berpotensi untuk dilakukan antara lain; staff mobility, pengembangan SDM, pengenalan beasiswa UIII Magister dan Doktoral dan komunikasi publikasi antara Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) adalah universitas negeri di Jalan Raya Bogor KM. 33,5 Depok Jawa Barat. UIII berdiri sebagai PTN-BH di Indonesia dikarenakan mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam dimana misi dari UIII salah satunya untuk memajukan budaya Islam Indonesia sebagai bagian dari peradaban dunia.

Rombongan UIII Disambut oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan Perencanaan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Dr. Tengku Said Raza’i, S.Pi.,M.P. dengan hangat ketika memasuki ruang serbaguna Tanjak lantai 3 Gedung Rektorat Umrah Dompak.

Dr Tengku Said Raza’i mengatakan dalam sambutannya bahwa UMRAH sangat senang dan berbahagia telah kedatangan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), dan sekaligus meminta maaf karena beliau mewakili Rektor UMRAH.

“Biasanya kita yang mengunjungi atau mencari beasiswa tetapi di kesempatan ini merupakan berkah yang luar biasa karena UIII sendiri yang datang ke UMRAH untuk menginformasikan beasiswa.” Ucap Said.

Dr. Tengku Said mengatakan bahwa dalam kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya, beliau berharap dengan kedatangan UIII ke UMRAH dapat mengembangkan potensi sumber daya manusia di lingkungan Universitas Maritim Raja Ali Haji termasuk Dosen dan Tenaga Kependidikannya.

“UMRAH sebenarnya berada di wilayah perbatasan antar Negara, jadi seandainya Universitas dari Singapur dan Malaysia pastinya singgah ke UMRAH. Jadi kita sebenarnya menjadi contoh terdepan sebagai Universitas di Indonesia. Jika UMRAH di SDM dan kualitasnya Universitas terdepan saja sudah buruk bagaimana yang di belakang?” papar Said.

Dr. Tengku Said berharap kedepannya Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dapat melakukan MoU untuk bisa saling membantu mengembangkan SDM terutama terkait beasiswa Magister dan Doktoral.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan pengenalan antar Universitas melalui video dan presentasi.

Diskusi tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Kepala Biro Akademik, Perencanaan, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Direktur Pascasarjana, Civitas Akademika UMRAH dan UIII.

Liputan: Ariq | Foto & Editor: Rendi (Humas UMRAH)