JAKARTA – Empat Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Delegasi dari Provinsi Kepulauan Riau Hadiri Pembukaan Sekolah Duta Maritim Indonesia Aspeksindo 2023. Di Gedung Nusantara V DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta. Acara tersebut disejalankan juga dengan merayakan ulang tahun ASPEKSINDO yang ke-6. Jumat (11/8/2023).

Acara diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Aspeksindo, Dr. Andi Fajar Asti, S.Pd., M.Sc. Beliau mengatakan Aspeksindo akan terus untuk mendukung dan mewujudkan berbagai program yang bermanfaat bagi masyarakat kepulauan dan pesisir. “Aspeksindo akan terus berupaya memberikan yang terbaik,” ujar Andi Fajar Asti.

Kemudian setelah melewati beberapa kata sambutan, Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. Jerry Sambuaga secara langsung membuka Kegiatan Sekolah Duta Maritim Indonesia 2023 itu. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan Dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO).

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah duta besar dari berbagai negara seperti, duta besar Filipina untuk Indonesia, Duta besar Pakistan dan para duta besar lainnya. Acara juga dihadiri oleh berbagai tokoh penting seperti Ketua Dewan Pakar yaitu Prof. Dr. Ir. Rokhimin Dahuri, MS, Sekjen Aspeksindo H. Haliana, SE, Dewan Pembina Aspeksindo Drs. Sokhiatulo Laoli, MM, dan beberapa jajaran Aspeksindo lainnya serta kepala daerah dari berbagai provinsi. Kemudian tak selang beberapa lama, hadirlah dewan petimbangan presiden Dr. Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

Acara pembukaan SDMI 2023 itu sekaligus merayakan ulang tahun ke-6 yang di tandai dengan pemotongan tumpeng dan pemukulan gong oleh Wakil Menteri Perdagangan Bapak Dr. Jemmy Sambuaga di dampingi oleh Dr. Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, para duta besar-besar, dan beberapa pejabat tinggi lainnya. Tidak berhenti pada perayaan hari ulang tahun saja, namun Aspeksindo mengusung hal yang berbeda dari perayaan Ulang Tahun yang lain, yakni diselenggarakannya rapat konsolidasi maritim yang disampaikan langsung oleh pakar yang sudah ahli dalam bidangnya, diantaranya adalah Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS., Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Abdul Rivai Ras, MM., MS., M.Si., H. Haliana, SH., dan Drs Samsuddin Abdul Kadir. Dan Laksamana Pertama TNI Dr. Aria Cakra Wibawa, M.Tr. (Han)., GDAIS., MA., CTMP. Kemudian acara dilanjutkan oleh para pemateri yang memaparkan Sinergi dan Inovasi dalam Menjaga Stabilitas Harga dan Ketahanan Pangan.

Keempat mahasiswa tersebut, tiga di antaranya berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim (FEBM), yakni Astuti (Manajemen), Firman Gani (Akuntansi), dan Wahyu Hidayat. R (Manajemen). Sementara itu, satu orang mahasiswa mewakili Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) atas nama Nur Afifa (Ilmu Administrasi Negara).

Laporan & Foto: Peserta SDMI 2023 Delegasi Prov. Kepri | Editor: Rendi (Humas UMRAH)