Bintan – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof Dr Agung Dhamar Syakti secara resmi meluncurkan Sistem Elektronik Pengelolaan Akademik terpadu (SEPADU) versi terbaru tahun 2023 saat membuka acara Bimbingan Teknis Penggunaan SEPADU 2023 di Meeting Room Bintan Spa Villa, Bintan, Senin(14/8) yang digelar oleh Unit Penunjang Akademik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPA TIK) UMRAH

“Kita berikan apresiasi bagi UPA TIK yang telah memulai pengembangan sistem kita secara mandiri, karena di Indonesia tidak banyak perguruan tinggi yang bisa membangun sistem informasi sendiri” Ujar Rektor UMRAH.

Menurutnya upaya yang dilakukan oleh UPA TIK beserta Tim pengembang eksternal ini adalah bentuk dari pelaksanaan Transformasi Digital Satu Gurindam yang merupakan wujud internalisasi dari Good University Governance.

“Sebagai produk yang disusun oleh segenap sivitas akademika UMRAH, perlu dipikirkan pendaftaran sebagai HAKI sehingga bisa dijadikan revenue generating unit nanti ketika UMRAH menjadi Badan Layanan Umum” Ujar Rektor.

Kepala UPA TIK, Ferdi Chahyadi M.Cs dalam sambutannya menyampaikan bahwa SEPADU 2023 ini dikembangkan oleh UPA TIK bersama dengan tenaga ahli eksternal.

“SEPADU 2023 yang terdiri dari aplikasi dengan proses bisnis utama Akademik seperti SIPA 2023, Regisma 2023 dan finansi 2023 ini dikembangkan dengan prinsip microservices dimana tiap aplikasi dihubungkan dengan API (Application Programming Interface) sehingga terintegrasi tiap prosesnya ” ujar Ferdi.

Turut hadir dalam Pembukaan Bimtek SEPADU 2023 ini Wakil Rektor bidang Akademik dan Perencanaan, Dr Tengku Said Razai, Direktur Pascasarjana Dr Rumzi Samin, Dekan FKIP, Satria Agust, beserta Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP, Wakil Dekan Akademik FISIP, perwakilan UPA, bidang Keuangan UMRAH, Kepala LPPM, Sekretaris LPMPP  serta Tenaga Kependidikan dari Bidang Keuangan.

 Laporan oleh : UPA TIK