TANJUNGPINANG – Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tahun 2023 dimulai. Secara resmi dibuka oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA. Dilaksanakan hybrid dan terpusat di Gedung Auditorium Kampus UMRAH Dompak, Senin (21/8/2023).

Mengangkat tema ‘Menjadi Generasi Maritim yang Inovatif dan Mandiri untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa’ PKKMB Universitas Maritim Raja Ali HAji (UMRAH) Tahun 2023 itu diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru UMRAH dengan jumlah 1.860 orang.

Kepala Biro Akademik, Perencanaan, Kemahasiswaan dan Kerja Sama UMRAH, Ary Satia Dharma, S.Sos, M.Si selaku Ketua Pelaksa dalam laporannya menyampaikan bahwa 1.860 Mahasiswa Baru yang mengikuti PKKMB 2023 tersebut merupakan Mahasiswa dari 6 Fakultas yang ada di UMRAH dengan rincian 278 orang dari Fakultas Teknik dan Teknologi Kemaritiman (FTTK), 435 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim (FEBM), 377 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 133 orang dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), 612 orang dari Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial (FISIP), dan 25 orang dari Fakultas Kedokteran (FK).

Secara persentase, Ary Satia Dharma juga menyampaikan dari total keseluruhan mahasiswa baru UMRAH 2023 ada sebanyak 12,5 persen merupakan mahasiswa berasal dari luar Provinsi Kepulauan Riau. 8,5 persen merupakan asal wilayah Sumatera, 2,5 persen asal wilayah Jawa, dan 1,5 persen berasal dari luar Sumatera dan Jawa.

Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA (Rektor UMRAH) mengawali sambutannya turut menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung kepada para mahasiswa baru tahun 2023 di kampus UMRAH.

Pada kesempatan itu Prof. ADS (Rektor UMRAH) secara singkat mensosialisasikan Visi UMRAH SATU GURINDAM yang menjadi milestone UMRAH di era kepemimpinannya maupun dimasa hadapan untuk mencapai kejayaan Kampus UMRAH.

Menurutnya setiap warga ataupun civitas akademika UMRAH wajib memahami makna dari SATU GURINDAM yang merupakan akronim dari SATU (Sinergitas, Akselerasi, Transformasi, Unggul) suatu pendekatan yang digunakan untuk menjalankan program kerja yang disebut GURINDAM (Good university governance, University ranking, Research capacity strengthening, Innovation ecosystem, Networking, Dynamic carrer, Academic excellence dan Mari-Sociopreneurship millenial).

Rektor Agung juga menyampaikan pesan kepada para mahasiswa baru agar dapat menanamkan prinsip dalam diri agar apapun yang dilakukan diniatkan sebagai ibadah. “Ketika kita masuk sebuah entity sebuah wahana, sebuah bahtera maka kita harus mengingat dan harus meluruskan niat kita sebagaimana dalam Al-Quran surat Az-Zariyat ayat 56, ‘Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku’ jadi ayat tersebut adalah ultimate goal kita diciptakan di muka bumi ini sehingga apapun yang kita lakukan diniatkan sebagai ibadah.” Ucap Prof. Agung Dhamar Syakti.

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Para Wakil Rektor UMRAH, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro Keuangan dan Umum, Kepala UPA di lingkungan UMRAH, serta unsur Pimpinan lainnya.

Sampai berita ini terbit, kegiatan PKKMB UMRAH Tahun 2023 masih berlangsung.

Liputan & Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)