TANJUNGPINANG – PT Makmur Elok Graha (MEG) resmi menjadi mitra strategis UMRAH untuk penerapan Tridharma Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kawasan Rempang. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan PT Makmur Elok Graha. Dilaksanakan disela acara PKKMB UMRAH 2023. Di Gedung Auditorium Kampus UMRAH Dompak. Senin (21/8/2023).

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA dan Direktur PT Makmur Elok Graha, Trijono.

Trijono atas nama PT Makmur Elok Graha dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam waktu dekat Pulau Rempang dan kawasan sekitarnya akan dilakukan pengembangan. untuk itu dirinya mengutarakan bahwa pihaknya sangat membutuhkan banyak sekali Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. “Pada hari ini kita diberikan kesempatan untuk melakukan Penandatanganan MoU bersama Universitas Maritim Raja Ali Haji dalam hal untuk menyiapkan SDM-SDM yang berkualitas,” ucapnya.

“Tentu perlu kami sampaikan bahwasannya ditahap awal pengembangan Rempang itu dalam 5 tahun kedepan kita membutuhkan 35.000 tenaga kerja. Untuk itu mulai saat ini kita harus menyiapkan tenaga kerja yang memang standar dalam hal penanganan kawasan industri khususnya industri produksi solar panel dan itu baru peruntukan industrinya,” tambahnya.

“Sedangkan kawasan Rempangnya sendiri akan berdiri banyak bidang usaha, baik itu pariwisata, agriculture, permukiman komersil dan sebagainya. Tentunya kami membutuhkan dukungan sangat banyak stakeholder khususnya dari Universitas, bagaimana nanti masyarakat di Rempang bisa diberikan vokasi agar standar-standar yang kami butuhkan nanti dikawasan industri maupun di dunia pariwisata dan sebagainya bisa disesuaikan,” jelasnya.

“Kami sangat berterima kasih pada hari ini diundang oleh Pak Rektor untuk bisa menandatangani MoU dalam rangka persiapan menuju pembangunan Rempang Eco City.” Tutupnya.

Menyambut apa yang disampaikan oleh Direktur PT MEG terkait kebutuhan tenaga kerja sebanyak 35.000 dalam waktu 5 tahun kedepan, Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA dalam sambutannya meminta kepada Mahasiswa UMRAH untuk dapat mengambil bagian dalam mengisi kebutuhan PT MEG tersebut.

“Diharapkan menjelang 5 tahun kedepan adik-adik sekalian dapat menyelesaikan studinya di UMRAH dan dapat mengisi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ada. Untuk satu perusahaan ini saja jika dihitung dapat menampung semua lulusan UMRAH dalam 1 angkatan, namun tentunya tetap mengedepankan standar dan kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan.” Ucap Prof. ADS.

“Terima kasih, kami juga sangat menyambut dengan baik atas pengembangan Pulau Rempang kedepannya, apalagi nanti akan dikasih muatan-muatan teknologi yang high seperti solar panel, agriculture, ekowisata, permukiman dan sebagainya. Semoga proses untuk bisa mencapai tujuannya berjalan dengan lancar dan UMRAH juga siap bekerjasama untuk bisa membantu kelancaran hal tersebut. Ini menjadi langkah awal yang baik buat kita untuk bisa mengembangkan Perguruan Tinggi, dan tentunya Provinsi Kepri.” Pungkas Rektor UMRAH diakhir sambutannya.

Dr. Wahyudin, S.Pi, M.Si selaku Koordinator Pusat Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PPSPL) UMRAH menerangkan bahwa ruang lingkup kerja sama yang dijalin antara UMRAH dan PT MEG ada 6 poin sebagaimana telah disepakati diantaranya, Pertama Penelitian untuk menunjang pengembangan kawasan Rempang yang membawa dampak positif dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan sektor lainnya, Kedua Penerapan sains dan teknologi di bidang perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pengembangan kawasan Rempang, Ketiga Penerapan studi di bidang ekologi, ekonomi, sosial dan kelembagaan masyarakat dan desa untuk menunjang pelaksanaan pengembangan kawasan Rempang, Keempat Peningkatan kapasitas SDM, Kelima Penyediaan wahana untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pembelajaran tematik serta kegiatan edukasi dan pelatihan, dan poin Keenam adalah Melakukan penyuluhan, pendampingan di bidang rehabilitasi dan monitoring ekosistem pesisir kepada masyarakat setempat untuk mendukung pengembangan kawasan Rempang.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Rektor UMRAH bidang Akademik dan Perencanaan Dr. Tengku Said Raza’i, S.Pi, MP., Wakil Rektor UMRAH bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama Dr. Suryadi, S.P, M.H., Kepala BAPKK UMRAH Ary Satia Dharma, S.Sos, M.Si, serta tamu undangan lainnya.

Penandatangan MoU berjalan lancar, diakhiri dengan Foto bersama dan Pemberian Cendramata berupa Buku kumpulan pantun karya wisudawan UMRAH tahun 2023 oleh Rektor kepada Direktur PT MEG.

Liputan & Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)