BATAM – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) terus menerus membangun jejaring dengan dunia usaha dan dunia industri untuk membangun hubungan kerja sama yang saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Kali ini UMRAH menjalin kerja sama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Ecogreen Oleochemicals dan PT TESE Manufacturing Indonesia.

PT Ecogreen Oleochemicals adalah salah satu produsen Alkohol Lemak Alami terkemuka di dunia. Ecogreen Oleochemicals memiliki fasilitas produksi di Indonesia yang memproduksi berbagai jenis Alkohol Lemak Jenuh (dari C8 hingga C18). Alkohol Lemak Tak Jenuh (Oleyl Alkohol), Asam Oleat, Gliserin Halus dan Ester Khusus seperti Trigliserida Rantai Menengah (MCT untuk aplikasi Makanan, Kosmetik, Farmasi dan Pelumas). 

Ecogreen Oleochemicals juga memiliki Pabrik Etoksilasi (EMPL) di Singapura yang memproduksi Fatty Alcohol Ethoxylates (hilir dari alkohol lemak). Di Jerman, Ecogreen Oleochemicals (Deutsche Hydrierwerke GmbH Rodleben) memiliki fasilitas produksi untuk memproduksi Alkohol Lemak Tak Jenuh (Oleyl Alcohol), Primary Fatty Amines, Specialty Ester, bubuk Sorbitol. Di Perancis, Ecogreen Oleochemicals (E&S Chimie) mempunyai fasilitas produksi untuk memproduksi Fatty Alcohol Ethoxylates, Fatty Alcohol Esther Sulfates, Fatty Alcohol Sulfates dan Specialty Esters

Saat ini Ecogreen Oleochemicals mempekerjakan sekitar 1.000 orang di seluruh dunia. Untuk melayani pelanggan secara global, Ecogreen Oleochemicals mendirikan kantor pemasaran di Singapura, Jerman dan Amerika Serikat.

Sesi penandatanganan MoU dengan PT Ecogreen Oleochemicals dihadiri oleh Wakil Rektor III UMRAH, Dr. Suryadi, S.P, M.H dan Kepala UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UMRAH, Dr. Rafki Rasyid. Hadir juga dosen dari pendidikan Kimia UMRAH, Dina Fitriah, M.Si dan Tendik UMRAH bagian administrasi pimpinan, Suzi Kurniasari, S.Pd, M.M. Dari PT Ecogreen Oleochemicals hadir tiga orang Direktur dan satu orang manajer. Diantaranya HR Director Rudi Tan, Manufacturing Director, Anwar, Compliance & Development Director, Abun, dan HR Manager Rudianto.

Dalam diskusi dengan PT Ecogreen Oleochemicals banyak dibahas seputar program studi yang cocok untuk direkrut sebagai tenaga magang ataupun menjadi karyawan di PT Ecogreen. Ecogreen cukup banyak membuka lapangan pekerjaan dari tahun ke tahun dan juga membuka kesempatan untuk mahasiswa yang akan melakukan praktek kerja industri di perusahaan tersebut. PT Ecogreen memiliki budaya kerja yang disiplin dan sangat menghargai karyawannya. Saat ini sudah ada beberapa lulusan UMRAH yang diterima bekerja di PT Ecogreen Oleochemicals. UMRAH berkomitmen akan menyediakan sumber daya manusia yang tepat yang bisa direkrut oleh Ecogreen. Supaya Ecogreen tidak perlu lagi jauh-jauh mencari tenaga kerja yang dibutuhkan.

MoU dengan PT TESE Manufacturing Indonesia

Sementara itu PT TESE Manufacturing Indonesia merupakan perusahaan sensor yang berlokasi di Batamindo Batam. Perusahaan ini dulunya lebih dikenal dengan nama PT Schneider Electric Manufacturing Batam. Kemudian berubah nama menjadi PT TESE Manfacturing Indonesia setelah unit produksi sensornya dibeli oleh perusahaan holding dari Taiwan, Yageo Corporation. Saat ini PT TESE Manufacturing Indonesia di Batam memiliki sekitar 700 orang karyawan. Perusahaan ini terus berkembang dan ingin memperluas pasarnya di Indonesia. Sebelumnya produk perusahaan ini dijual di banyak negara di dunia. Perusahaan ini termasuk ke dalam tujuh besar perusahaan sensor di dunia.

Seremoni penandatangan MOU di PT TESE Manufacturing Indonesia dihadiri oleh Wakil Rektor III UMRAH, Dr. Suryadi, S.P, M.H, Kepala UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Dr. Rafki Rasyid, Dosen Pendidikan Kimia UMRAH, Dina Fitriah, M.Si, dan staf UMRAH bagian administrasi pimpinan, Suzi Kurnia Sari, S.Pd, M.M. Dari pihak PT TESE hadir Direktur Perusahaan, Yosi, HR Manager, Muhammad Zikra, dan Staf HR, Rizki.

Penandatanganan MOU dilaksanakan pada Kamis (9/11/2023) jam 11.00 WIB bertempat di ruangan pertemuan PT TESE Manufacturing Indonesia. Para pihak bersepakat untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan. UMRAH berkomitmen menyediakan sumber daya manusia yang kompeten dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Begitu juga perusahaan, akan berkomitmen memberikan kesempatan berbagai bentuk kerja sama yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan institusi masing-masing.

PT TESE banyak bekerjasama dengan berbagai macam perguruan tinggi di Indonesia terutama dalam pelaksanaan praktek kerja industri, magang, project based learning (PBL), praktisi mengajar, dan program-program kampus merdeka lainnya. UMRAH berharap para lulusan yang sudah siap bekerja dapat hendaknya diterima bekerja di PT TESE Manufacturing Indonesia. Karena secara geografis, PT TESE masih berada di wilayah Provinsi Kepri sehingga akan lebih mudah diakses oleh para lulusan UMRAH. UMRAH juga berkomitmen untuk memberikan keahlian lain seperti soft skills dan keahlian bahasa asing kepada para mahasiswanya agar dapat lebih mudah diterima bekerja di PT TESE dan perusahaan lainnya di Kepri.

Laporan: UPA Karir & Kewirausahaan UMRAH | Editor: Adi Pranadipa | Foto: UPA Karir & Kewirausahaan

Web Content Entry : Rendi/Humas UMRAH