TANJUNGPINANG – Muhammad Rizky (Teknik Elektro, 2019) dan Yoshi Nurmansyah (Teknik Elektro, 2019) berhasil menjadi juara 3 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-95.

Delegasi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang turun membawa ide berupa alat yang langsung dipresentasikan di depan juri dengan judul alat Rancang Bangun Sistem Pengasapan Ikan Tongkol Otomatis Berbasis Internet of Things (IoT) sebagai Solusi Peningkatan Harga Jual di Pulau Bintan. Adapun lokasi perlombaan inovasi teknologi pemuda ini diadakan di Tugu Sirih Tanjungpinang pada hari Sabtu (28/10/2023).

Kedua Mahasiswa FTTK UMRAH tersebut menjelaskan bahwa kelebihan dari produk atau alat yang diikutsertakan pada lomba itu adalah alat pengasapan yang dibuat dapat melakukan pengasapan ikan tongkol secara otomatis, selain itu juga bisa dipantau melalui hp dikarenakan menggunakan platform internet of things (IoT) yaitu bylink untuk mengetahui suhu, arus, tegangan, serta daya.

“Alat ini masih butuh penyempurnaan dan support pendanaan dari stakeholder seperti masyarakat, pemerintah daerah, maupun swasta. Diharapkan alat ini menjadi produk unggulan Kepulauan Riau yang bisa di impor hingga ke mancanegara.” Ucapnya.

Dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah maupun Kampus agar terus memberikan support agar kedepan dapat mengikuti kembali lomba hingga ke tingkat nasional.

Festival Sumpah Pemuda pada tahun ini menghadirkan serangkaian lomba, diantaranya lomba solo song, band pemuda, kriya, pameran stand bazar, dan masih banyak lainnya. Kegiatan malam puncak ditutup langsung oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad S.E, M.M.

Yoshi Nurmansyah sebagai ketua tim berharap semoga kedepan ada event serupa agar bisa menjadi wadah bagi Pemuda-pemudi Kepri untuk terus berinovasi dan berkarya.

(Rendi/Humas UMRAH)