JAKARTA – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) telah meraih pencapaian baru untuk Keterbukaan Informasi Publik (KIP). UMRAH sendiri menduduki Peringkat Pertama untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kategori Menuju Informatif. Serangkaian penilaian telah dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat RI dalam beberapa tahapan, dimulai sejak Agustus 2023 dari Pengisian e-monev keterbukaan informasi publik, Proses penilaian kuesioner e-monev, hingga Presentasi uji publik yang dipaparkan oleh Rektor, serta Visitasi oleh Komisi Informasi Pusat RI ke Badan Publik di Desember 2023.

Piagam Anugerah diterima oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UMRAH, Ary Satia Dharma, S.Sos, M.Si dan diserahkan oleh Komisioner Komisi Informasi Pusat RI di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta. Rabu (20/12/2023).

Pada kesempatan itu Ketua KI Pusat RI, Donny Yoesgiantoro mengatakan, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 menugaskan kepada KI Pusat untuk menetapkan standar teknis menjamin setiap warga negara mendapatkan hak asasi berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi di lingkungan sosialnya serta berhak mencari, menyimpan dan mengolah informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang ada.

“Di era keterbukaan informasi tidak dapat terhindarkan bahwa informasi menjadi kebutuhan yang mampu mengakselerasi proses pencerdasan bangsa dan menolehkan berbagai perubahan yang tidak terbayangkan sebelmunya,” katanya.

“Visi besar pengembangan ketebukaan informasi adalah mewujdukan masyarakat informasi yang maju cerdas dan berkepribadian Pancasila serta mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, bersih transparan dan akuntabel. Pengejawantahan visi besar Keterbukaan Informasi Publik tersebut dilakuan dengan pengawasan serta komitmen badan publik dapat menyelenggarakan pemerintahan terbuka yang setiap tahunnya dilakukan oleh Komisi Informasi Publik melalui monitoring dan evaluasi KIP yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008,” ucapnya.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA turut bersyukur atas capaian yang diraih UMRAH pada penganugerahan tersebut. “Alhamdulillah, terima kasih atas support semua tim yang telah bekerja dengan totalitas. Tahun depan kita tingkatkan lagi capaian ini, dan kita optimis UMRAH akan menjadi PTN yang sangat informatif,” ucap Rektor.

Usai menerima piagam anugerah KIP tersebut, Ary Satia Dharma selaku PPID UMRAH mengatakan akan memperkuat lagi tim skuad dalam menghadapi monev KIP tahun mendatang. Menurutnya hasil yang diraih tersebut akan menjadi acuan serta bahan evaluasi kedepan.

Direncanakan Piagam Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tersebut akan diserahkan kepada Rektor UMRAH pada Selasa (26/12/2023) mendatang.

Laporan & Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)