TANJUNGPINANG – Perpustakaan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Perpustakaan Politeknik Kesehatan (Kemenkes) Tanjungpinang sepakat menjalin kerja sama strategis dalam Upaya meningkatkan akses informasi kesehatan bagi masyarakat Tanjungpinang, . Kerja sama itu ditandatangani oleh Wakil Rektor UMRAH bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama, Dr. Suryadi, S.P, M.H dan Wakil Direktur Poltekkes Tanjungpinang, H. Haryadi, S.KP, M.PH di Perpustakaan Pusat UMRAH. Jum’at (22/12/2023).

Kerja Sama tersebut bertujuan untuk memperluas cakupan sumber daya informasi kesehatan dan membantu masyarakat dan civitas akademika UMRAH, khususnya dalam mendapatkan pengetahuan yang relevan.

Dhani Akbar, S.S, M.A selaku Kepala UPA Perpustakaan UMRAH menjelaskan bahwa Kedua Perpustakaan Perguruan Tinggi yang berdiri di Tanjungpinang itu kedepan akan saling bertukar koleksi buku, artikel, dan sumber daya lainnya yang berkaitan dengan kesehatan dan pelayanan medis guna menyediakan akses lebih luas terhadap literatur medis, jurnal ilmiah, dan sebagainya. Menurutnya Perpustakaan UMRAH, yang berfokus pada literatur sosiohumaniora dan saintek, berharap dengan adanya kerja sama yang dijalin dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman masyarakat dan civitas akademika UMRAH khususnya mengenai meningkatkan pemahaman dalam bidang kesehatan dan gaya hidup sehat.

“Dengan adanya literatur kesehatan dari Perpustakaan Poltekkes Tanjungpinang, diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif kepada pengunjung perpustakaan di UMRAH,” ucap Dhani.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama UMRAH, Dr. Suryadi, S.P, M.H dalam sambutannya mengutarakan bahwa Pimpinan UMRAH mengharapkan kerja sama antara Perpustakaan UMRAH dan Perpustakaan Kemenkkes Tanjungpinang tersebut dapat menjadi contoh bagi lembaga perpustakaan lainnya untuk saling mendukung dalam upaya meningkatkan akses dan pengetahuan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa Selain Pendidikan, Kesehatan merupakan hal terpenting didalam kehidupan maka perlu menjadi perhatian khusus untuk semua kalangan. “Mari tingkatkan lagi budaya literasi, dengan adanya kerja sama ini maka bertambah sumber literasi untuk kita, khususnya literasi bidang kesehatan,” ucap Dr. Suryadi.

Dirinya juga turut mengajak seluruh keluarga besar UMRAH untuk dapat menjadi petugas promosi kesehatan sebab menurutnya tujuan promosi kesehatan yang utama adalah memberikan informasi yang dapat memicu kesadaran masyarakat mengenai program atau gerakan yang tengah dicanangkan oleh pemerintah.

(Rendi/Humas UMRAH)