MAKASSAR – Kongres Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI) XI dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum baru ISOI 2021- 2024 telah berlangsung. Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti berhasil terpilih sebagai Ketua Umum Periode 2021-2024 dalam kongres yang diadakan secara daring  dan luring dan diikuti oleh 448 orang pemilik suara. Sabtu, (29/5) bertempat di Ruang Kaluku, Hotel Rinra, Makassar.

Dalam pemilihan ketua ISOI periode 2021 ini Prof. Agung Dhamar Syakti UMRAH Tanjungpinang berhasil memenangi pemilihan dengan jumlah suara sebanyak 216, mengungguli kandidat lainnya, Mufti Petala Patria (FMIPA – Universitas Indonesia) dan Kandidat nomor urut 3, Nani Hendiarti (Deputi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves RI))

Dalam sambutannya sebagai Ketua Umum ISOI terpilih, Agung menyampaikan visi misi dan program kerjanya.

Visi yang ingin dicapai oleh ISOI di bawah kemudinya adalah “Menjadi organisasi profesi oseanografi yang terandalkan dalam mengawal kebijakan terkait perikanan, kelautan dan kemaritiman yang bebas aktif berkembang dan bereputasi di kawasan Asia-Pasifik 2036”.

Agung Dhamar Syakti sendiri merupakan Guru Besar dibidang ilmu pencemaran laut dan bioremediasi itu menuturkan bahwa Misi dan Program Kerja yang ia siapkan telah terangkum dalam BIDUK SEGARA, akronim dari Bernas, Inklusif, Dinamis, Universalisme, Kolaboratif untuk program strategis tiga tahunan yaitu Scientifical Achievement, E-Organization Governance, Government  partnership, Academic Synergism, Research Think Tank, Agency for Competencies Certification

Pria kelahiran 1975 ini kemudian menambahkan bahwa bakal ada 7 Program yang akan diupayakan oleh ISOI ke depan.

Pertama, RE-VISION 2021-2036 PIT ISOI Scopus Indexed Journal and Proceeding. Kedua, menyusun Policy Brief. Ketiga, peyusunan buku Direktori dan Layanan Kepakaran. Keempat yaitu Sertifikasi kompetensi. Kelima, Regional Networking and Sinergy. Keenam, ISOI Award and Grant. Sebagai program pemuncak Ketujuh, yaitu ISOI Journals and affiliation.

Editor : Adi Pranadipa
Penulis : Tim Humas UMRAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here