Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UMRAH didaulat sebagai salah satu pembicara mewakili UMRAH pada forum yang diadakan Kolej Melati UiTM Shah Alam, Malaysia. Program siaran langsung secara daring tanggal 19 & 20 Juni 2021 melalui kanal Youtube Melati TV Official itu mengusung tema “Menyelami Warisan Melayu Serantau” dengan dua pembahasan berbeda melibatkan empat negara: Malaysia, Indonesia, Brunei, dan Singapura. 

Mewakili UMRAH, Pebi Pitri Anasari memenuhi jemputan untuk menjadi pembicara pada hari kedua (20/06) dengan judul Forum 2: “Generasi Z : Sastra Kini”, sebuah diskusi mengenai kesusasteraan dan sejarah Melayu dalam konteks modern. Ke-empat pembicara forum pada hari kedua ini adalah Pebi dari UMRAH, Universiti Teknologi MARA (Muhammad Azhar Shahrulnizam), Universiti Brunei Darussalam (Mohamad Hajib Sarhan),Universiti Kebangsaan Singapura (Syazwani bte Sanep). Forum yang dimulai pada pukul 19.00 WIB itu dibuka oleh Pengarah Program, Nur Syazwani Tajuddin serta terbuka untuk seluruh pelajar UiTM Shah Alam dan peserta umum.

Beberapa pertanyaan diajukan kepada Pebi sebagai pembicara. Seperti cara alih wahana kesusasteraan dahulu dalam kehidupan serba modern, pendapat mengenai adaptasi karya klasik ke film yang dapat membantu generasi kini untuk lebih membuka mata terhadap karya klasik dan sastra. Serta cara untuk sastrawan untuk mulai melalukan promosi sastra lewat media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan Twitter. Forum diskusi selama kurang lebih 2 jam 30 menit itu diakhiri dengan jawaban pembicara terhadap beberapa pertanyaan penonton dan sesi foto bersama secara virtual. 

Prodi Pendidikan Matematika sangat mendukung segala bentuk pengembangan potensi mahasiswa baik di dalam maupun di luar bidang Prodi Pendidikan Matematika.  Pebi sebagai mahasiswa Pendidikan Matematika difasilitasi oleh Ketua program studi, Dr. Nur Izzati, S.Pd., M.Si. untuk mendapat bimbingan dan Pembekalan dari Budayawan sekaligus dosen PBSI FKIP UMRAH, Assoc. Prof. Dr. H. Abdul Malik, M.Pd sebelum tampil di Forum antara-bangsa tersebut

Pebi yang baru-baru ini meraih sebagai juara 3 Lomba Menulis Esai Arab Melayu yang diadakan UTM Malaysia sangat berbesar hati dipilih sebagai perwakilan mahasiswa UMRAH untuk memenuhi undangan Kolej Melati UiTM Shah Alam, Malaysia dan berharap hubungan yang terjalin antara empat negara serantau ini akan semakin baik. Selain itu, ia berharap semoga sastra Melayu dapat terus berkembang pada zaman serba modern ini. 

Lapora : Prodi Pendidikan Matematika UMRAH

Editor : Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here