Bogor – Universitas Maritim Raja Ali Haji menjalin kerjasama dengan IPB University. Kerjasama itu ditandai dengan digelarnya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak pada Selasa (30/11) di Kampus IPB Dramaga , Bogor.

Kerjasama yang dijalin merupakan langkah awal untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan Sumber Daya Manusia di kedua Kampus dalam rangka suksesi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dalam sambutannya menyatakan bahwa dirinya menyambut baik atas terlaksananya penandatangan kerjasama antara UMRAH dengan IPB.

“Banyak hal yang bisa dikolaborasikan. IPB University selalu menggandeng pemerintah provinsi dan perguruan tinggi di daerah untuk mengembangkan riset. Semoga kerjasama ini bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Melalui kekhasan yang dimiliki UMRAH dengan sinergi kekuatan dan kelebihan masing-masing pihak agar dapat saling mengembangkan diri, mewujudkan realisasi Indonesia sebagai poros maritim dunia Pungkas

Sementara itu, Rektor Umrah, Prof Agung Dhamar Syakti menuturkan, merupakan satu kehormatan bagi Umrah bisa menjalin kerjasama dengan IPB University. Dalam perjalanannya, Umrah tak lepas dari kontribusi IPB University, terutama dari sumberdaya manusia.

“Tahun 2007 Umrah berdiri, kemudian 2011 menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkat keinginan besar masyarakat Kepulauan Riau untuk memiliki PTN. Kalaupun Umrah hari ini bisa lebih cepat bergerak, tak lepas dari kontribusi nyata IPB University,” sebutnya.

Ia menyebut, banyak lulusan IPB University berkiprah dan mewarnai Umrah. Hingga saat ini, kata Prof Agung, IPB University merupakan mentor bagi kemajuan Umrah. 

etak geografis Umrah di Kepulauan Riau juga menjadi strategis. Pasalnya, Kepulauan Riau sangat rawan dengan perubahan iklim yang terjadi. Dengan demikian, kerjasama mampu saling mendukung dalam upaya mitigasi bencana di Kepulauan Riau.

Kunjungan ke Science Techno Park (STP) IPB University

“Di Kepulauan Riau ada 2.508 pulau. Yang dihuni hanya 379 pulau. Pulau-pulau kecil. Jadi sangat rawan dengan climate change. Tentu IPB University jadi soko guru di bidang ini. Semoga kerjasama ini bisa menghasilkan riset dan inovasi yang bermanfaat bagi bangsa,” pungkasnya.

Usai penandatanganan kerjasama, Rektor UMRAH diajak oleh Rektor IPB University untuk berkeliling melihat aktivitas dan fasilitas Science Techno Park (STP) IPB University di Kampus Taman Kencana, Bogor.

(Humas UMRAH/IPB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here