JAKARTA – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sepakat untuk menjalin kerjasama. 

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA dan Plt. Deputi Sumberdaya IPTEK BRIN Edy Giri Rachman Putra. Di Gedung B.J. Habibie, Kantor BRIN, MH. Thamrin, Jakarta. Rabu (5/1).

Kepala BAKK UMRAH, Ary Satia Dharma S Sos M Si yang turut hadir mendampingi Rektor, menyampaikan ruang lingkup kerjasama yang dijalin oleh UMRAH dan BRIN.

Kerjasama kedua belah pihak tersebut meliputi Peningkatan kualitas SDM IPTEK dan Pendidikan Tinggi melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan, penyelenggaraan Program MBKM Bidang Penelitian/Riset dan Program MBKM Bidang Magang/Praktik Kerja, penyelenggaraan kegiatan magang riset bagi SDM IPTEK dan Perguruan Tinggi.

Kemudian juga terkait penggunaan sarana dan prasarana penelitian dengan mengacu kepada regulasi dari kedua belah pihak, pelaksanaan perkuliahan, seminar dan workshop oleh kedua belah pihak, penyusunan publikasi ilmiah dan perlindungan kekayaan intelektual (KI) oleh kedua belah pihak, penyusunan dan penilaian bersama terhadap luaran Program MBKM Bidang Penelitian/Riset dan Program  MBKM Bidang Magang/Praktik Kerja, serta pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi.

Plt. Deputi Sumberdaya IPTEK BRIN, Edy Giri Rachman Putra dalam sambutannya mengatakan bahwa posisi UMRAH secara geografis memiliki potensi kekayaan sumberdaya Kemaritiman dapat menjadi mitra BRIN yang sangat strategis dalam pengembangan riset dan inovasi, melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia IPTEK di UMRAH secara berkelanjutan.

Selanjutnya, Arthur Aryo Lelono selaku Direktur Manajemen Talenta BRIN mengungkapkan bahwa program MBKM antar Mahasiswa UMRAH di Lembaga riset BRIN akan menjadi langkah awal untuk menghasilkan talenta-talenta peneliti di masa yang akan datang.

Menurutnya Magang Penelitian tentunya juga menjadi salah satu bentuk kegiatan yang sangat strategis guna mengakselerasi implementasi Program MBKM di UMRAH.  Selain itu, dengan adanya program Research Asisstant dan degree by research diharapkan mampu meningkatkan kapasitas SDM mitra.

Merespon sambutan dari pihak BRIN, Rektor UMRAH, Prof Agung Dhamar Syakti dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada BRIN atas kesempatan yang diberikan kepada UMRAH untuk meningkatkan kualitas SDM-IPTEK yang ada di UMRAH.

Rektor Agung berharap peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh Mahasiswa UMRAH, oleh karenanya sosialisasi program magang/praktik kerja Mahasiswa di BRIN tersebut akan dilaksanakan pada kesempatan pertama.

Dirinya menekankan bahwa Perjanjian Kerjasama tersebut dimaksudkan sebagai landasan hukum untuk bersinergi dalam melakukan program pengembangan dan peningkatan kualitas SDM-IPTEK di UMRAH dengan memberikan kesempatan Mahasiswa UMRAH untuk menyalurkan potensi, mendapatkan pengalaman kerja dan kompetensi penelitian, sehingga dapat meningkatkan ekosistem dan kualitas riset di laboratorium dan lembaga riset Indonesia.

Terakhir, Rektor berharap Perjanjian Kerjasama tersebut menjadi langkah awal yang akan diikuti oleh kerjasama lainnya guna mengakselerasi terbentuknya North Natuna Sea Research Center. (Rendi/Humas UMRAH)

Editor: Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here