Dompak – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof Agung Dhamar Syakti menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal (Konjen) India Shri Shubahm Singh di ruang kerja Rektor, Kamis(14/04/2022)  di Rektorat Kampus Dompak.

Kunjungan Konjen India yang berkantor di Kota Medan Sumatera Utara ini bermaksud untuk menjajaki Potensi Kolaborasi bersama UMRAH yang bisa difasilitasi oleh Konjen India bersama universitas-universitas yang ada di India.

Rektor UMRAH, Prof. Agung Dhamar Syakti mengatakan bahwa pengembangan rencana kerjasama dengan  Universitas-universitas di India terutama Universitas Maritim India akan difasilitasi oleh Konjen India melalui pertemuan virtual secara online dan kemudian UMRAH akan melihat peluang yang bisa disepakati melalui MoU sambil menyusun program-program kerja bersama.

“Karena memang penting buat UMRAH untuk terus mengembangkan kerja sama jejaring internasional karena hal ini menjadi bagian dari Kerangka pencapaian Misi UMRAH melalui Satu Gurindam dimana jejaring mitra kita harus dikembangkan baik di dalam maupun luar negeri” ujar Prof. Agung.

India, menurut Prof Agung adalah potensi mitra yang strategis bagi UMRAH karena India mulai mengembangkan Kemaritimannya, apalagi India memiliki SDM yang kuat di bidang teknologi terutama di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kemaritiman terkait Smart Ocean, Smart Port yang bisa dijadikan referensi bagi UMRAH  untuk menjalin kemitraan.

Hal senada turut disampaikan oleh Konjen Shubham Singh.

“Tentu akan menjadi kesempatan yang bagus bagi Kampus-kampus di India yang memiliki spesialisasi di bidang Ilmu Kemaritiman untuk  berkolaborasi dengan Universitas yang memiliki keunikan tersendiri seperti UMRAH di Indonesia ini” Ujar Shubham Singh.

Menurutnya dengan kolaborasi ini nantinya kedua belah pihak akan saling belajar melalui pertukaran gagasan serta mengembangkan kapasitas masing-masing Kampus untuk bersama-sama mengembangkan ilmu kemaritiman.

Pertemuan singkat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Internasional Office UMRAH, Deny Nustirwan MSc, Kepala UPT Perpustakaan UMRAH, Bony Irawan MPd serta dosen Fakultas Teknik. 

Editor: Adi Pranadipa

Foto : Rendi A. Saputra

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here