Tanjungpinang – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar kegiatan bimbingan teknis peningkatan Nilai Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan tinggi dengan menghadirkan narasumber dari Sekretariat Jenderal Ditjen Diktiristek, Senin (25/04/2022) di Auditorium Kampus Dompak.

Hadir dari Setditjen Diktiristek Kemdikbudristek, Subkoordinator Data dan Informasi Setditjen Diktiristek,Franova Herdiyanto, dan Pranata Komputer Ahli Muda Setditjen Diktiristek David Aulia Akbar Adhieputra .

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti dalam sambutan pembukaan acara menuturkan bahwa kegiatan Bimtek tersebut bertujuan untuk mendukung, mensukseskan Standar Pendidikan Nasional sesuai dengan amanat Permendiklbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sehingga menurutnya Perguruan Tinggi bisa berkontribusi bagaimana standar pendidikan tinggi itu bisa dicapai.

Dirinya menuturkan bahwa seluruh Perguruan tinggi mempunyai tugas yang sama dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi yakni untuk mencapai Standar pendidikan tinggi yang memadai di Republik Indonesia ini dalam rangka menghasilkan SDM-SDM unggul yang lahir dari Perguruan Tinggi dengan tatakelola baik dengan SDM yang juga mumpuni.

“Untuk efisiensi anggaran secara internal, UMRAH ingin mengarahkan supaya program-program yang dilakukan nanti dalam penganggarannya harus sedapat mungkin mendukung program-program IKU dan tentunya untuk pencapaian dari pada Visi UMRAH sebagai Pusat kecemerlangan dalam bidang pendidikan tinggi, riset, mari-sociopreneurship dan pusat tamadun maritim di ASEAN”, ujar Rektor

Selain bentuk komitmen UMRAH, di akhir bimtek nanti Wakil Rektor II UMRAH Dr. Tengku Said Raza’i akan meluncurkan kompetisi IKU Liga UMRAH untuk unit-unit kerja

Menurutnya kompetisi IKU Liga UMRAH tersebut merupakan sebuah motivasi bagi teman-teman unit kerja di lingkungan UMRAH yang memiliki peran penting dalam capaian IKU di UMRAH.

Narasumber yang juga Subkoordinator Data dan Informasi Setditjen Diktiristek,Franova Herdiyanto kepada para peserta yang hadir menyampaikan bahwa IKU ini terus disempurnakan aspek-aspeknya menuju tahap ideal seperti aspek penyelenggaran program dan aspek pendataan mesti selaras agar Kementerian dapat melihat perkembangan yang terjadi di UMRAH dan kampus lain.

Selain dihadiri oleh UMRAH, Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan Perguruan Tinggi yang ada di Kepulauan Riau.

(Rendi/Humas UMRAH)

Editor : Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here