TANJUNGPINANG – Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) telah memasuki tahap pengumuman calon mahasiswa yang dinyatakan lolos pada jalur tersebut. Selasa (28/3/2023) melalui laman resmi yang telah disiapkan oleh Tim SNPMB BPPP.

Peserta jalur SNBP merupakan jalur khusus siswa kelas 12 yang memiliki prestasi unggul di sekolahnya dan telah terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Berprestasi di bidang akademik merupakan syarat mutlak jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut. Sebab nilai rapor menjadi tolak ukur penilaian, dilihat dari semester 1 hingga semester 5 dari siswa tersebut.

Sebanyak 94 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki program Diploma IV dan Sarjana menjadi pilihan calon mahasiswa baru pada jalur tesebut. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Kepulauan Riau salah satu PTN pilihan calon mahasiswa untuk meneruskan pendidikannya melalui jalur SNBP tersebut.

Dr. Tengku Said Raza’i, S.Pi, MP Wakil Rektor Bidang Akademik dan Perencanaan UMRAH menyebutkan bahwa untuk tahun 2023 ini UMRAH telah menerima calon mahasiswa baru dari jalur SNBP sebanyak 1.193 peserta.

“Alhamdulillah di tahun ini UMRAH melalui jalur SNBP telah menerima 1.193 calon mahasiswa baru dengan 3 program studi yang menjadi pilihan terbanyak.” Ucap Said Raza’i kepada Humas UMRAH.

“Prodi Manajemen menjadi prodi terbanyak pertama yang diminati peserta, selanjutnya disusul prodi Akuntansi, dan prodi Teknik Informatika diposisi ketiga terbanyak.” Terang Wakil Rektor UMRAH yang membidangi urusan akademik itu.

Berdasarkan Permendikbudristek nomor 48 tahun 2022, penerimaan mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada SNPMB 2023 telah ditetapkan melalui 3 jalur yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang baru saja selesai diumumkan, dan melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah, serta jalur Mandiri oleh masing-masing PTN.

Dalam seleksi berdasarkan tes, tidak ada lagi tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Soal pada seleksi ini akan menitikberatkan kemampuan penalaran peserta didik, bukan hafalan.

Tes jalur SNBT sendiri dibuka pendaftarannya pada tanggal 23 Maret sampai dengan 14 April 2023. Sedangkan pelaksanaan UTBK dilaksanakan pada 8-14 Mei 2023 untuk UTBK-SNBT gelombang 1 dan 22-28 Mei 2023 untuk UTBK-SNBT gelombang 2.

(Rendi/Humas UMRAH)