JAKARTA – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA secara langsung menerima Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI tentang Izin Pembukaan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi pada Universitas Maritim Raja Ali Haji. Rabu (29/3/2023).

SK Menteri Nomor 283/E/0/2023 itu diserahkan langsung oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemdikbudristek RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc, DIC, Ph.D kepada Rektor UMRAH serta beberapa Rektor PTN lainnya.

Prof. Nizam dalam arahannya menekankan bahwa setelah izin keluar ada beberapa hal yang perlu dijaga terkait dengan peserta didik baru yang akan diterima. Menurutnya peserta didik baru harus sesuai dengan kualitas dan kompentensi yang dimiliki.

“Tidak ada kompromi, tetap jaga kualitas untuk menghasilkan dokter-dokter yang kompeten sesuai dengan skill yang dimiliki.” Ucap Prof. Nizam dalam arahannya.

“Permasalahan Kesehatan merupakan hajat hidup orang banyak dan pemenuhan rasio tenaga Kesehatan di daerah menjadi hal yang sangat mutlak oleh karena itu kehadiran negara sangat penting sekali.” Tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Kelembagaan, Dr. Lukman, S.T, M.Hum yang turut hadir menambahkan bahwa arahan Kementerian Kesehatan terkait rasio tenaga Kesehatan 1:1000 Nakes sudah terpenuhi pada 30 Provinsi yang ada di Indonesia.

Foto : Humas Diktiristek

“Ada 4 Provinsi yang belum memiliki prodi kedokteran pada perguruan tinggi negerinya yaitu Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Utara, dan Provinsi Sulawesi Barat.” Terangnya.

“Pada hari ini sudah terpenuhi 2 Provinsi yaitu Provinsi Kepulauan Riau melalui UMRAH dan Provinsi Bangka Belitung melalui UBB, dan 2 Provinsi berikutnya akan menyusul dalam waktu 2 bulan kedepan.” Sambung Dr. Lukman.

Dr. Lukman juga menambahkan bahwa akan ada program afirmasi untuk diprioritaskan pada putra daerah yang menjadi peserta didik baru dalam program studi kedokteran.

Turut hadir mendampingi Rektor UMRAH, Wakil Rektor UMRAH Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama Dr. Suryadi, SP, M.H dan Dr. Dodi Dermawan selaku Ketua Tim Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMRAH.

Atas banyak pertanyaan para calon mahasiswa yang akan mendaftarkan dirinya di Prodi Kedokteran UMRAH, Rektor UMRAH Prof. Agung Dhamar Syakti tetap optimis bahwa UMRAH akan bisa menerima mahasiswa baru pada prodi Kedokterannya di tahun 2023 ini.

(Rendi/Humas UMRAH)