TANJUNGPINANG – Prof. Dr. Drs. H. Abdul Malik, M.Pd Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) terima Anugerah dari Kesultanan Perak, Malaysia. Berlangsung di Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Perak. Rabu (17/5/2023).

Anugerah yang diterima olehnya merupakan Anugerah Guru Cemerlang yang diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Guru di Malaysia. Anugerah diserahkan langsung oleh Duli Yang Mahamulia Permaisuri Kesultanan Perak Malaysia, Tuanku Syarah binti Salim.

Dinilai berhasil dalam mengembangkan dunia pendidikan di Kepulauan Riau, Pendiri Universitas Maritim Raja Ali Haji itu menjadi salah satu dari beberapa tokoh pendidik yang menerima anugerah. Selain dirinya dari Indonesia beberapa tokoh dari negara lain seperti Brunei Darussalam dan Malaysia (tuan rumah) turut menerima anugerah serupa.

Saat dihubungi oleh Humas UMRAH dirinya membenarkan hal tersebut. Dirinya menerangkan bahwa anugerah tersebut diberikan kepada Guru, Dosen, dan Praktisi Pendidikan yang dinilai berjasa luar biasa untuk negeri mereka masing-masing.

Tak lupa pada kesempatan itu, Prof. Dato’ Perdana Abdul Malik turut mengucapkan terima kasih kepada Kesultanan Perak, Malaysia, Kampus UPSI dan seluruh jajaran Pimpinannya, Civitas Akademika UMRAH, dan Masyarakat Kepulauan Riau.

“Saya berterima kasih kepada Kesultanan Perak, Malaysia, UPSI dan seluruh jajaran pimpinanannya, dukungan seluruh civitas akademika UMRAH, serta masyarakat Kepulauan Riau.” Ucapnya.

“Semoga kedepan UMRAH semakin dikenal oleh masyarakat internasional dan dapat berkontribusi dalam kemajuan dunia. Generasi muda UMRAH harus berbuat yang terbaik bagi Daerah, Bangsa, dan Negara.” Timpalnya.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA turut berbahagia mendengar kabar pemberian anugerah oleh Kesultanan Perak Malaysia kepada Prof. Abdul Malik tersebut. Menurutnya hal tersebut merupakan nilai plus bagi UMRAH sebagai Institusi Pendidikan karena memiliki sosok Tokoh Pendidik yang ikut diperhitungkan oleh negara lain.

“Semoga kedepan akan ada Abdul Malik lainnya, yang dapat mengharumkan nama Kampus UMRAH di dunia internasional,” pungkas Rektor.

“Tahniah kepada Prof. Dr. Dato’ Abdul Malik, M.Pd atas anugerah yang diterima. Semoga menjadi motivasi bagi seluruh Civitas Akademika UMRAH agar menjadi SDM yang unggul.” Tutupnya.

Tidak hanya Rektor, ucapan selamat juga datang dari Civitas Akademika UMRAH lainnya kepada Guru Besar UMRAH bidang Sastra dan Bahasa Indonesia itu.

(Rendi/Humas UMRAH)