TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar sidang senat terbuka Wisuda XXII Sarjana dan Pascasarjana di Bulan Mulia, bulan Ramadhan, Sabtu(16/3/2024) di Kampus UMRAH Dompak. Dalam Majelis yang dibuka secara resmi oleh Ketua Senat UMRAH, Dra. Hj. Isnaini Leo Shanty, M.Pd.

Pada Wisuda XXII Sarjana dan Pascasarjana UMRAH Periode Maret 2024 UMRAH melantik sebanyak 411 orang wisudawan dengan rincian 63 lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim, 60 lulusan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, 111 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 45 lulusan Fakultas Teknik dan Teknologi Kemaritiman, 123 lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta 9 lulusan dari Pascasarjana.

Terdapat 60 lulusan yang meraih predikat cumlaude (pujian) pada wisuda tersebut. hingga Wisuda XXII ini, UMRAH telah memiliki alumni sebanyak 10.364 orang yang tersebar baik di pemerintahan, swasta, maupun profesional.

Pada acara Wisuda Sarjana XXII Dan Pascasarjana UMRAH kali ini Wisudawan Terbaik diraih oleh Agsanshina Raka Syakti dari Fakultas Teknik dan Teknologi Kemaritiman Program Studi Teknik Informatika, dengan IPK 3,81.

Momen wisuda kali ini tidak hanya menjadi tonggak penting bagi para lulusan tetapi juga merupakan momen yang penting bagi peran Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dalam mengembangkan sektor kemaritiman Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Tema acara wisuda kali ini adalah “Peran SDM Unggul Kemaritiman yang Adaptif dan Inovatif Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Tema tersebut mencerminkan komitmen UMRAH untuk mempersiapkan generasi penerus yang mampu menghadapi tantangan masa depan di sektor kemaritiman dengan keunggulan dan inovasi.

Helat Wisuda ini tak hanya menjadi momen untuk merayakan prestasi akademik para lulusan, tetapi juga sebagai wadah untuk merenungkan peran penting SDM unggul UMRAH dalam pengembangan sektor kemaritiman.

Melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan, para lulusan UMRAH telah dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan yang mendorong pertumbuhan dan kemajuan di sektor kemaritiman.

Dalam pidatonya, Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA menyampaikan bahwa UMRAH sebagai perguruan tinggi yang berbasis kemaritiman merupakan tantangan terbesar di tengah persaingan yang sedemikian hebatnya di negeri ini. Menurutnya dengan konsistensi segenap civitas akademika UMRAH serta dukungan seluruh lapisan masyarakat Kepulauan Riau, ia yakin tantangan tersebut bisa dilalui oleh UMRAH hingga  menapaki jalan panjang menuju Universitas Kelas Dunia.

“Prestasi demi prestasi telah diukirkan oleh civitas akademika UMRAH, baik itu di level nasional maupun internasional,” ucap Rektor.

Rektor berharap semoga dengan segala upaya yang dilakukan saat ini mampu untuk memantaskan UMRAH sebagai Universitas yang siap melahirkan lulusan-lulusan yang mampu berkontribusi mendorong dan membangun suatu peradaban baru nusantara yang disebut Tamadun Maritim, sebuah pandangan Peradaban maritim baru yang diusung UMRAH.

“Kami bangga melihat lulusan kami siap menghadapi tantangan masa depan di sektor kemaritiman. Mereka bukan hanya memiliki pengetahuan akademis yang solid tetapi juga keterampilan adaptif dan inovatif yang dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang cepat dalam dunia industri saat ini,” tambah Prof. ADS.

“Kepada Saudara-saudara yang baru diwisuda, harapan besar saya dan seluruh keluarga besar UMRAH adalah, menjadilah generasi baru yang gemilang, menjadi generasi yang tangguh menghadapi setiap tantangan, tapi sekaligus menjadi sumber daya manusia bangsa yang produktif dan bermoral tinggi,” tutup Rektor UMRAH.

Dr. Nancy Willian, S.Si, M.Si yang juga Wakil Rektor UMRAH bidang Keuangan dan Umum turut menyampaikan orasi Ilmiah.

Perhelatan WIsuda ini menjadi momen untuk menghargai kontribusi semua pihak yang telah mendukung pendidikan dan pengembangan para lulusan, termasuk dosen, staf, dan keluarga. Tanpa dukungan mereka, pencapaian luar biasa tersebut tidak akan terwujud.

Hadir pada acara yang khidmat ini Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, S.E, M.M, jajaran Dewan Pertimbangan UMRAH, Rektor UMRAH Periode 2014-2020 Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc, unsur FKPD, dan tamu undangan lainnya.

Laporan & Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)

Editor : Adi Pranadipa