Malang – Tim Mahasiswa dari Senggarang Robotik Club (SRC) Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (FT-UMRAH) berhasil meraih Juara Harapan Satu Nasional divisi Lomba Pembuatan dan Performa Prototype ASSV  pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KCTBN) Tahun 2021. 

Babak Final KCTBN 2021 ini digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud Ristek yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai tuan rumah pada 20 hingga 23 Oktober 2021 di Malang, Jawa Timur ini mengusung tema Inovasi Kemaritiman melalui Teknologi Digital untuk mendukung pertahanan dan Keamanan Nasional.

Dalam babak final yang disaksikan langsung oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, dan Rektor Periode sebelumnya Prof. Syafsir Akhlus, beserta dekan Fakultas Teknik, Sapta Nugraha, Henky Irawan, Kepala LPPPM UMRAH, Ary Satya Dharma, Kepala BAKK UMRAH, Tim SRC FT UMRAH berhasil menampilkan performa yang gemilang.

Rahmatul Fajri yang biasa disapa Fajri, Ketua Senggarang Robotic Club (SRC) menjelaskan bahwa, di babak final ini , KSRI Aumous UMRAH 501  bertanding di dua kategori. Kategori pertama yakni Lomba Desain Inovasi Kapal Selam Permukaan Autonomous. 

Pada kategori ini, tim SRC FT Menampilkan performa inovasi yang disematkan pada Aumous sebagai penjaga di bawah permukaan air yang mampu mengarungi seluruh perairan Indonesia. Kategori kedua, Aumous bertanding di Lomba Pembuatan dan Performa Prototype Kapal Selam ASSV dengan misi menghancurkan pertahanan kapal permukaan dengan torpedonya.

KSRI Aumous UMRAH 501 didesain dengan keunggulan teknologi yang membuatnya mampu melaju hingga kecepatan 20 knot dalam pengejaran tanpa terdeteksi musuh. Aumous mampu meluncurkan torpedo dengan jumlah banyak hingga radius 5 km2 yang membuatnya menjadi kapal yang mematikan dalam penyergapan. Fajri menambahkan, bahwa Aumous lahir dari kerja keras, riset, serta dukungan keluarga SRC FT dibawah bimbingan dosen dan dukungan universitas. 

Editor : Adi Pranadipa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini