TANJUNGPINANG – Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Maritim Raja Ali Haji menggelar lokakarya Case Method (CM) dan Project-based Learning (PBL) di Ruang Serbaguna Tanjak Lantai 3 Gedung Rektorat UMRAH, Dompak. Kamis (19/5/2022).

Kegiatan workshop yang melibatkan Wakil Dekan I Fakultas dan Ketua Jurusan di lingkungan UMRAH itu menghadirkan narasumber dari Universitas Jambi yakni Prof. Dr. rer. nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si.

Di sela-sela penyampaian materi, Prof. Rayandra mengutarakan bahwa kedua topik penting yang diangkat dalam workshop tersebut merupakan konsep krusial yang ditetapkan oleh Kementerian dan dijadikan salah satu indikator pencapaian perguruan tinggi dalam aspek pembelajaran dan kompetensi lulusan.

Menurutnya hal tersebut yang membuat ia bersemangat untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman di rumah keduanya, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Lebih lanjut Prof. Rayandra mengatakan bahwa pada dasarnya CM dan TBP bukan konsep baru dalam ilmu pedagogi. Oleh karena tuntutan Kementerian terkait proses pembelajaran, kedua konsep ini kembali naik ke permukaan dan mendapat sorotan.

“Pada dasarnya CM sama dengan Problem Based Learning atau Cased Based Learning, dan TBP sama dengan Project Based Learning, jadi tidak perlu memusingkan perkara istilah. Yang perlu dipahami adalah karakter dan sintaks dari masing-masingnya”, ujar Wakil Rektor I UMRAH Periode 2016-2020 itu di hadapan peserta workshop.

Ketua LP3M UMRAH, Henky Irawan, S.Pi, M.P, M.Sc di awal pembukaan acara menyampaikan bahwa untuk dapat memberikan pengalaman belajar selama lokakarya, maka peserta diberikan dua sesi berikutnya yang terdiri dari pelatihan terbimbing menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan implementasi CM dan TPB dan latihan terbimbing implementasi CM dan TPB. “Dengan desain aktifitas ini, kami yakin peserta kegiatan workshop dapat menambah wawasan mengenai CM dan TPB”, ucapnya.

Dirinya turut menjelaskan bahwa kegiatan workshop itu diselenggarakan dengan maksud untuk menopang pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) poin 7 terkait proses pembelajaran dengan basis CM dan TPB.

“Dengan demikian, diharapkan peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh di Jurusan masing-masing sehingga setiap dosen dapat tambahan ilmu mengenai implementasi CM dan TPB di perkuliahan yang diampu”, ujar Henky Irawan dalam sambutannya.

Tautan materi workshop: Workrshop CBL dan PBL – Google Drive

(Rendi/Humas UMRAH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini