TANJUNGPINANG – Guna memastikan kelancaran dan keadilan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA meninjau langsung proses tersebut. Di Pusat UTBK UMRAH Kampus UMRAH Senggarang, Tanjungpinang. Selasa (30/4/2024).

Dalam pernyataannya, Rektor Agung menegaskan komitmennya untuk memastikan integritas dan transparansi dalam setiap tahapan seleksi calon mahasiswa. “Kami berkomitmen untuk menjaga keadilan dan kualitas dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. Tinjauan langsung ini merupakan upaya nyata kami untuk memastikan setiap calon mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk meraih pendidikan di Universitas Maritim Raja Ali Haji,” kata Rektor.

Selama kunjungan tersebut, Prof. ADS juga berinteraksi langsung dengan para peserta ujian, memberikan semangat dan dukungan kepada mereka dalam menghadapi ujian yang menentukan bagi masa depan akademis mereka.

Pelaksanaan UTBK-SNBT di Universitas Maritim Raja Ali Haji tersebut berlangsung lancar dan tertib, dengan penerapan protokol kesehatan. Proses pengawasan yang dilakukan secara ketat juga dilakukan oleh panita guna memastikan keabsahan dan kejujuran setiap ujian yang diikuti oleh calon mahasiswa.

Setelah meninjau pelaksanaan UTBK-SNBT, Rektor berharap agar hasil seleksi nantinya akan menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas dan berintegritas, siap untuk berkontribusi dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Adapun beberapa lokasi UTBK-SNBT UMRAH di tahun 2024 tersebar di 6 Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri diantaranya, Kota Tanjungpinang berlokasi di Kampus UMRAH Senggarang, Kota Batam berlokasi di Politeknik Negeri Batam, SMAN 8 dan SMAN 1 Batam, Kabupaten Karimun berlokasi di SMAN 1 Karimun, Kabupaten Lingga berlokasi di SMAN 1 Lingga, Kabupaten Anambas berlokasi di SMAN 1 Siantan, dan Kabupaten Natuna berlokasi di SMAN 1 Bunguran Timur.

Pada UTBK-SNBT 2024 di Pusat UTBK UMRAH (Kepulauan Riau) terdapat 6.246 pendaftar untuk Gelombang I. UTBK akan berlangsung sejak hari ini 30 April 2024 sampai dengan 7 Mei 2024.

Laporan & Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)