Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Mohammad Nuh menandatangani prasasti tanda resminya penegrian UMRAH.Senin(26/12) di Gedung Daerah. Foto-Adi Pranadipa

umrah.ac.id, Tanjungpinang– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA meresmikan Penegrian Universitas Maritim Raja Ali Haji di hadapan ribuan hadirin yang memadati  Gedung Daerah Tanjungpinang,Senin (26/12).

Resminya Penegrian tersebut Ditandai dengan penandatanganan Prasasti yang disaksikan oleh disaksikan Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo, Gubernur Kepri Muhammad Sani, Ketua DPRD Kepri Nur Syafriadi dan Penjabat Sementara Rektor Universitas Maritim Raja Haji (UMRAH) Prof. Dr. Maswardi M Amin.

Dalam Sambutannya , Mendikbud M. Nuh mengatakan bahwa Kepri ini merupakan wilayah perbatasan yang merupakan beranda depan Indonesia, dan menjadi prioritas pemerintah bahwa di wilayah perbatasan itu mesti ada Universitas Negeri untuk menumbuhkan kemajuan.

“Pendidikan untuk Membangun Kemajuan Bangsa ini akan dimulai dari Kepri, mengapa ? karena baru di Kepri inilah ada Universitas Maritim, sebuah Universitas yang memfokuskan pada Kajian Kelautan dan Maritim yang menjadi Keunggulan Negara ini, dan ini satu-satunya di Indonesia” Kata Mantan Rektor ITS periode 2003-2007 tersebut.

Menurut Mendikbud, dengan Fokus pada Kelautan dan Maritim maka akan terbuka peluang-peluang besar bagi UMRAH untuk menjadi Pusat Unggulan di wilayah perbatasan, apalagi lokasi UMRAH ini di beranda depan Indonesia. Dengan menjadi pusat unggulan maka tidak cuma mahasiswa dalam negeri saja yang akan belajar di UMRAH, kelak mahasiswa-mahasiswa dari negara-negara lain pun belajar disini.

“Karena UMRAH sudah menjadi negeri, tentu harus ramah secara sosial, jangan sampai mahasiswa yang tidak memiliki Kemampuan Finansial tidak dapat berkuliah di UMRAH , kecuali Mahasiswa-mahasiswa yang sudah hampir 15 semester, kalau yang itu silahkan di-DO” Ujarnya.

Untuk calon mahasiswa yang tidak memiliki kemampuan finansial menurut mendikbud, pemerintah melalui Dirjen Dikti sudah mempersiapkan program beasiswa BidikMisi supaya Calon Mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik baik dapat berkuliah dengan tenang tanpa memikirkan persoalan finansial.

Dalam rangka peresmian Penegrian UMRAH juga ditetapkan Penjabat Sementara Rektor UMRAH, Prof. Dr. Maswardi M. Amin yang akan bertugas hingga ditetapkannya Rektor definitf.(dip)

Galeri Foto  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here