Mahasiswa peserta OSN Pertamina WIlayah Kepri sedang mengikuti Ujian Teori. Dok. Adi Pranadipa/umrah.ac.id

Tanjungpinang – Sebanyak 170 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Provinsi Kepri mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012. Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan di Kampus UMRAH Kota Tanjungpinang dan juga di Kota Batam.
Dekan Fakultas Teknik UMRAH Prof. Ir. Chairul Saleh, M.Sc, Ph.D mengatakan, OSN tahun 2012 ini merupakan yang kelima kalinya diselenggarakan di Provinsi Kepri. Peserta yang mengikuti OSN Pertamina ini merupakan mahasiswa Fakultas Teknik dari UMRAH dan UIB serta Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kelautan UMRAH.

“Ini sudah kelima kalinya OSN dilakukan di Kepri. Sebenarnya setiap tahun ada OSN Pertamina, “kata Chairul, Selasa (25/9).

Dikatakan dia, OSN Pertamina tersebut nantinya akan dipertandingan sampai ke tingkat nasional. Setiap provinsi, akan mengirimkan perwakilannya sebanyak 3 orang yang terdiri dari pemenang Kimia, Fisika dan Matematika.

” Setelah mengikuti OSN Pertamina di Kepri, nantinya para pemenang akan mengikuti pertandingan di tingkat nasional yang mewakili Provinsi Kepri, “ungkap Chairul.

Sementara itu, Fir Abdulrrahman dosen UI mengatakan, tujuan dari OSN pertamina untuk menjaring para mahasiswa yang memiliki keahlian dalam sains secara komprehensif, menghasilkan generasi Indonesia yang memiliki sifat kritis, cerdas, inovatif, melalui kecintaannya terhadap sains dan membawa kesadaran pentingnya prestasi bagi generasi muda untuk kepentingan bangsa dan negara.

Katanya, para peserta yang mengikuti OSN Pertamina tersebut adalah fakultas teknik yang terdiri dari Matematika, Fisika. Sedangkan untuk Fakultas Ilmu Kelautan adalah bidang Biologi dan Kimia.

” Pembukaan OSN Pertamina ini ada di dua tempat yakni di Kota Batam dan di Kota Tanjungpinang, “kata Fir.

Kompetisi tersebut, terdiri dari 2 kategori yakni teori dan juga Science Project. Untuk kategori teori, diikuti peserta yang mengambil jurusan Matematika, Fisika dan Biologi.  Mereka yang keluar sebagai juara 1,2 dan 3 akan diadu kembali ditingkat nasional.

” Hasilnya akan keluar pada tanggal 1 Oktober 2012 mendatang, dimana pemenangnya akan mendapatkan hadiah dan juga akan diperlombakan kembali di tingkat nasional, tetapi hanya untuk yang juara I saja, seperti juara I Matematika, juara I Fisika dan juara I Kimia “paparnya.

Sementara itu, bagi perserta Science Project, di Provinsi Kepri hanya 2 kampus saja yang mengikutinya yakni kampus UMRAH dan juga Universitas Internasional Batam (UIB). Bagi yang memenangkan Science Project, memiliki kesempatan mengikuti pertandingan regional yang terdiri dari 5 provinsi, yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau dan Kepri untuk mencari juara I yang akan mewakili ke tingkat nasional.

” Para pemenang Science Project ini, akan bertanding kembali ke tingkat regional dan selanjutnya dikirim ke tingkat nasional, “pungkasnya.

Dalam Acara Pembukaan OSN Pertamina Kepri tersebut juga dihadiri oleh Sales Manager Wilayah Batam/Kepri, Sunardi yang mewakili Direktur Pertamina Wilayah Kepulauan Riau, serta Prof. Dr. Mochammad Saad, MS, Pembantu Rektor I yang mewakili Rektor untuk membuka Olimpiade Sains yang didukung oleh Pertamina dan Universitas Indonesia ini.(HaluanKepri/Dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here