Halal-Bi-Halal-UMRAH-f-Anto-humas
Rektor UMRAH, Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc Memberikan Sambutan pada Halal bi Halal Keluarga Besar UMRAH. F. Anto/Humas

Dompak-Keluarga besar Universitas Maritim Raja Ali Haji menggelar halal bi halal pada Senin(03/08/2015) di Auditorium Kampus UMRAH Dompak. Dalam acara halal bi halal yang bertajuk “Dengan semangat halal bi halal kita tingkatkan silahturahim sivitas akademika menuju UMRAH yang cemerlang, terbilang dan gemilang”, Rektor UMRAH, Prof. Dr. Syafsir Akhlus,M.Sc menyampaikan bahwa tradisi halal bi halal hanya ada di indonesia, tapi satu hal yang cukup menarik jika dilihat dari sejarah, halal bi halal ini dicetuskan oleh Presiden Pertama Indonesia, Bung Karno dimana dikumpulkan seluruh pimpinan Republik dalam satu forum tanpa mengenal aliran baik Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, ataupun Persis.

“Ini ada terobosan yg sangat baik dibuat oleh Bung Karno. Yang paling penting pada halal bi halal adalah silahturahim. Dengan adanya wadah ini jadi lebih sederhana, bayangkan kita harus saling kunjung mengunjungi semua rumah staff dan dosen mapun pimpinan, tentu memakan waktu” ujar Rektor.

“Dengan adanya halal bi halal ini selepas Ramadhan, kita wajib memberikan maaf kepada sesama. Kalau kita mau ikuti perintah wajib itu, seharusnya saling memberikan maaf. Halal bi halal kita harapkan menjadi forum untuk itu.
Minimal dalam forum halal bi halal ini mampukah kita secara tulus memberi maaf untuk orang lain” jelas Prof. Akhlus.

Momen Halal bi halal adalah tahun kedua Prof. Syafsir Akhlus sebagai rektor memberikan sambutan pada halal bi halal. “Apabila banyak hal yg kurang pada tempatnya, kami para pimpinan sudah berpesan utk kerja yang benar, dan melakukan hal yang benar. Dalam pelaksanaan tersebut mungkin tidak pada tempatnya dalam hal penyampaian maka kami secara pribadi maupun secara institusi memohon maaf, semoga niat kita tulus ikhlas. Apabila kesalahan dalam tutur kata saya mohon untuk dimaafkan”. Ucap rektor kepada segenap staff dan dosen yang memenuhi Auditorium Kampus Dompak.

Wakil Rektor II, Heri Suryadi, M.Si dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa revisI DIPA sudah turun dari Kementerian Ristekdikti. Karena DIPA sudah turun maka diharapkan Tiap unit kerja untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai apa yang sudah direncanakan. Lanjutnya, dalam waktu dekat akan dilaksanakan Musrenbang untuk tahun anggaran 2016 dan 2017 untuk mempersiapkan pencapaian-pencapaian strategis UMRAH.

Acara halal bi halal tersebut diakhiri dengan bersalam-salaman antara Dosen dan staff kepada pimpinan UMRAH dan kemudian dilanjutkan dengan Santap Siang. (dip/TIK)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here