Upacara Bendera Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Halaman Rektorat UMRAH Dompak (Foto: Adi Pranadipa)
Upacara Bendera Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Halaman Rektorat UMRAH Dompak (Foto: Adi Pranadipa)

Tanjungpinang – Universitas Maritim Raja Ali Haji  melaksanakan upacara bendera di halaman rektorat Kampus Dompak pada Rabu (17/08/2016).Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu para dekan, jajaran pimpinan UMRAH, serta pegawai UMRAH.

Selaku pembina upacara, Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc membacakan pesan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir yang mengusung tema Gerakan Nasional “Indonesia Kerja Nyata.”

Dalam pesannya, Mohamad Nasir menekankan akan pentingnya inovasi bagi negara. Menurutnya, Indonesia sudah tidak dapat menggantungkan dirinya pada bertumpu pada sumber daya alam, tetapi juga harus bisa membuat kemajuan yang berdasarkan teknologi dan inovasi.

Peralihan dari resource driven menjadi innovation driven ini hanya bisa dilakukan melalui kerja sama dan kemitraan seluruh unsur bangsa, mulai dari pemerintah, universitas, dan industri.

Komitmen Pemerintah terhadap upaya peningkatan kinerja penelitian dan inovasi akan terus ditingkatkan, terutama dalam peraturan dan regulasi, pendanaan dan peningkatan investasi, peningkatan kualitas dan peremajaan laboratorium, beasiswa bagi peneliti.

Sempena peringatan 71 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Menristekdikti mengajak semua unsur termasuk PTN untuk menggelorakan inovasi di bidang kerja masing-masing. Sesuai tagline peringatan HUT RI ke-71, Indonesia kerja nyata, mari bekerja nyata ciptakan berjuta produk hasil inovasi untuk kemajuan Indonesia

“Dengan bekerja nyata, sesungguhnya kita merenda masa depan Indonesia – yang maju dan unggul. Dan hanya bangsa yang mampu menghasilkan inovasi akan menjadi bangsa besar yang unggul dan berdaya saing.” demikian bunyi pesan pamungkas dari Menristekdikti yang dibacakan oleh Rektor.(Adi Pranadipa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here