Tanjungpinang- umrah.ac.id – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melalui Direktorat Kerjasama ASEAN mendatangani Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding  Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL ) Raja Haji Tanjungpinang dalam kerja sama bidang pendidikan, penelitian pengkajian ilmiah serta pengabdian masyarakat.

Nota Kesepahaman ditandatangani antara Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dengan UMRAH dan STISIPOL bertempat di gedung Auditorium kampus UMRAH, Dompak, Kamis (15/6).

MOU ini menjadi landasan pendirian Pusat Studi ASEAN di UMRAH dan juga di STISIPOL Raja Haji yang dulu sempat menjadi bagian dari UMRAH pada awal pendiriannya.

Sekretaris Jenderal kerja sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Ashariyadi menyampaikan, sudah sebanyak 36 perguruan tinggi di tanah air bergabung dalam pusat studi ASEAN termasuk UMRAH dan STISIPOL.

“Didirikannya pusat studi ASEAN di dua kampus ini bertujuan guna peningkatan pemahaman dan kepedulian terhadap ASEAN dalam memahami dan mengkaji perekonomian, budaya, politik serta keamanan. Kajian seperti ini merupakan bagian dari sivitas akademika,” imbuhnya.

“Kegiatannya berkaitan dengan sosialisasi dan advokasi guna meningkatkan daya saing daerah dalam menghadapi masyarakat ASEAN,” ungkap Ashariyadi lagi.

Dalam kesempatan itu, Rektor UMRAH Prof. Syafsir Akhlus menyampaikan, pembukaan pusat studi ASEAN memang momen yang tepat untuk UMRAH.

“Ini akan memberikan pengaruh besar untuk Kepulauan Riau. Banyak hal yg harus dikelola, apalagi kita dalam posisi perbatasan yang merupakan salah satu provinsi terdepan dan tidak hanya UMRAH memiliki karakteristik studi kemaritiman yang sesuai juga dengan visi presiden Jokowi,” ujarnya.

Tindak lanjut penandatanganan Nota Kesepahaman ini kemudian akan diwujudkan melalui pertemuan bersama untuk memperkuat studi ASEAN pada bulan Oktober mendatang di Sekretariat pusat studi ASEAN, Jakarta yang menurut rencana akan dihadiri 67 Kementerian dan Lembaga.

Kontributor : Beres Lumbantobing / Persmakreatif FISIP

Editor Teks : Adi Pranadipa / Web Developer UPT TIK UMRAH

 

 

1 COMMENT

  1. sangat setuju dengan adanya kerjasama antara Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL ) Raja Haji Tanjungpinang, kerjasama tersebut dapat meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap ASEAN dalam memahami dan mengkaji perekonomian, budaya, politik serta keamanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here