UNHAN jajaki Kerjasama dengan UMRAH

0
33
Pihak UMRAH mendengarkan penjelasan dari Rektor UNHAN. foto.Adi Pranadipa

umrah.ac.id – Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) berkunjung ke Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) guna melakukan silahturahim sekaligus menjajaki peluang Kerjasama dengan Perguruan tinggi strategis di perbatasan, Jum’at(15/07) di Kampus UMRAH Senggarang. Rombongan Rektor UNHAN Letjen TNI Dr. Syarifudin Tipe, M.Si, Brigjend TNI Herman dan para anggota rombongan disambut oleh Pembantu Rektor II UMRAH, Prof. Dr Mohammad Zen Jajaran UMRAH.

Rektor UNHAN, Letjen Dr. Syarifudin Tipe, M.Si mengatakan Kunjungan mereka ke UMRAH ini karena UMRAH dipandang strategis dari segi kelautan dan pertahanan bagi Indonesia karena terletak di daerah perbatasan laut antara Indonesia dan Singapura.

Kemudian lanjutnya lagi, UNHAN merupakan Universitas yang unik dan khusus karena hanya  memiliki program Pascasarjana Strata-dua yang memiliki 2 Fakultas atau sekolah, yaitu Sekolah Pertahanan Strategis dengan program studi Strategi Pertahanan Semesta dan Sekolah Manajemen Pertahanan dengan program studi Manajemen Pertahanan, Manajemen Kebencanaan, dan Ekonomi Pertahanan.

UNHAN memiliki program untuk bekerja sama dengan Universitas di Perbatasan, khususnya perbatasan laut dengan UMRAH yang dipandang strategis bagi NKRI guna membangun pemahaman Pranata-pranata Kelautan dan pertahanan negara. Selain itu guna memberikan masukan-masukan rumusan secara akademis kepada pemerintah dari UMRAH mengenai pertahanan dan Keamanan Laut, Perbatasan, Sumberdaya Alam dan berbagai aspek yang menyangkut Kemaritiman. UNHAN juga menawarkan kepada sivitas akademika UMRAH untuk melanjutkan Pascasarjana bidang pertahanan, seperti Ekonomi Pertahanan.

Pembantu Rektor II UMRAH Prof. Mohammad Zen, menyambut baik penjajakan kerjasama yang dilakukan UNHAN. Ia juga mengatakan bahwa perspektif Maritim yang selama ini menjadi sudut pandang kebanyakan orang, dimana laut adalah terpisah dengan darat harus diubah menjadi Laut dan Pulau-pulau diatasnya adalah suatu kesatuan yang utuh sebagai Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan menurutnya UMRAH siap bekerjasama dengan UNHAN baik dalam aspek kajian perbatasan maupun Keamanan Maritim serta Pertahanan Kelautan dan Keamanan energi.

Pertemuan tersebut kemudian diakhiri dengan saling bertukar Cinderamata dari UNHAN kepada UMRAH yang diserahkan oleh Letjen TNI Dr. Syarifudin Tipe, M.Si selaku Rektor UNHAN kepada Pembantu Rektor II, Prof. Dr. Mohammad Zen.(dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here