Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng memberikan materi Perkuliahan.
Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng memberikan materi Perkuliahan.
Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng memberikan materi Perkuliahan.

Umrah.ac.id(Tanjungpinang) – Peningkatan dan penciptaan atmosfer akademik di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMRAH khususnya di Jurusan Pendidikan Kimia terus digesa. Pada Rabu (3/9)  hingga  Jum’at(5/9), Jurusan Pendidikan Kimia FKIP menggelar Guest Lecturing Series.  Kegiatan Penyampaian Kuliah oleh dosen tamu sering dilakukan di FKIP UMRAH, namun kegiatan kali ini merupakan kali pertama ditaja olej Jurusan Pendidikan Kimia .Kegiatan kuliah dengan mendatangkan dosen tamu dari Universitas lain ini dibiayai dari sumber anggaran Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Tahun 2014. Kuliah tamu dilaksanakan berseri selama 3 hari berturut-turut dengan mendatangkan dosen dan praktisi pendidikan kimia dari universitas terkemuka.

Kegiatan Perkuliahan Dosen tamu adalah kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk menambah pengetahuan sesuai bidang ilmu yang dipelajari atau pengayaan pengetahuan. Kegiatan ini dapat dilaksanakan di  tingkat fakultas atau Jurusan dengan mendatangkan narasumber yang memiliki keahlian dan pengalaman tertentu yang diperlukan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia.Tujuan Kegiatan ini  adalah untuk mengembangkan, membuka wawasan dan pengetahuan, menambah informasi, merangsang serta meningkatkan motivasi belajar dan berbagi pengalaman dalam berbagai proses pembelajaran yang disampaikan oleh dosen tamu tersebut terutama mengenai Kimia dan Pendidikan Kimia.

Kehadiran dosen tamu dan praktisi di perkuliahan merupakan bagian penting dari institusi pendidikan dalam penyelenggaraan kegiatan perkuliahan untuk memperkaya ilmu bagi mahasiswa dalam pemahaman teori dan penerapannya dalam dunia nyata. Pada kegiatan kuliah tamu kali ini, Jurusan Pendidikan Kimia mengundang Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, Dosen Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas. Beliau memberikan materi tentang Global Warning Kimia dan kaitannya dengan peran kimiawan dalam mengkaji aspek perubahan alam. Dosen tamu kedua berasal dari Universitas Mulawarman, Banjarmasin yaitu Nurul Kasyfita, M.Pd, M.Sc. Beliau menyampaikan materi tentang Inovasi pembelajaran Kimia berkarakter. Beliau juga memberikan modal dan pengalaman bagi mahahsiswa bagaimana menjadi guru yang berkarakter dan siap menjadi guru profesional yang kompetitif. Dan pada hari terakhir, giliran dosen Universitas Negeri Padang, Umar Khalmar Nizar, PhD dengan materi tentang inovasi pembelajaran pada mata kuliah Kimia Fisika.

Ketua Jurusan Pendidikan Kimia, Fitriah Khoirunnisa,M.Ed. Mengharapkan agar dari semua kegiatan yang telah dilaksakan agar mahasiswa mampu menambah pengetahuan, wawasan, meningkatkan motivasi belajar. “Kegiatan ini juga bermaksud agar mahasiswa menemukan informasi baru serta mampu mewujudkan diri sebagai calon guru pendidikan kimia yang memiliki daya saing global dengan menjadi guru yang professional, dan siap mencetak siswa yang berdaya saing, berakhlak mulia dan berkarakter” Ujarnya.(txr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here