Daik Lingga – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Lingga untuk mendukung pengembangan Klaster Inovasi Produk Unggulan Daerah (PUD) Hasil Perikanan Kabupaten Lingga.

Berkenaan dengan itu, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lingga mengundang UMRAH yang diwakili oleh Wakil Rektor II dan Kepala Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LP3M) sebagai narasumber kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tajuk terkait bertempat di ruang rapat kantor Bappeda Lingga di Daik, Rabu(10/10).

Focus Group Discussion ini merupakan rangkaian kegiatan untuk melaksanakan program yang didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Provinsi Kepulauan Riau dengan fokus pengembangan Kabupaten Lingga merupakan salah satu Provinsi yang didanai untuk melaksanakan program tersebut.

“Diharapkan dengan program ini pengembangan industri hasil perikanan di lingga bisa terwujud, tentunya harus segera dibentuk kelompok kerja (Pokja) untuk mendorong percepatan pembuatan masterplan klaster inovasi tersebut” ujar Wakil Rektor II UMRAH, Agus Sutikno, M.Si dalam satu sesi FGD.

Dalam kesempatan yang sama Kepala LP3M UMRAH, Dr. Victor Amrifo juga menyampaikan komitmen kesiapan UMRAH dalam mendukung pengembangan klaster inovasi PUD Hasil Perikanan.

Kemudian, Dr. Victor juga mempresentasikan peta jalan Riset UMRAH serta inovasi dan teknologi yang telah dikembangkan oleh UMRAH yang dapat mendukung pengembangan klaster inovasi PUD Hasil Perikanan Kabupaten Lingga.

Program hibah pengembangan klaster inovasi PUD yang diselenggarakan oleh Ristekdikti ini sendiri merupakan program yang menitik beratkan pada kolaborasi model quadruple helix untuk mengembangkan klaster inovasi PUD. Model quadruple helix sendiri berarti kolaborasi yang padu antara Perguruan Tinggi, Bisnis, Asosiasi, dan Pemerintah dalam mengembangkan klaster inovasi PUD.

Kontributor: LP3M/Teraju Humas
Editor Teks : Adi Pranadipa (Web Editor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here