Home Blog

Capai Mufakat, Kerjasama UMRAH dan TREASURE BAY dimulai

0

TANJUNGPINANG – Upaya Tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Treasure Bay Bintan dengan agenda bincang-bincang dan survey lokasi pengembangan marine park di lagoi diwujudkan dengan pendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan pada Selasa lalu (5/6) di UMRAH.

MoU ini ditandatangani langsung oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc dan Quality Control Advisor PT. Marine Life Discovery Park (Treasure Bay) Mr. Lee Tak Meng.

“Dalam hal ini Treasure bay sebagai pihak pertama merupakan perusahaan yang memiliki sumber daya fasilitas aquaria yang potensial untuk dikembangkan, khususnya sektor sumberdaya kelautan dan perikanan. Sedangkan UMRAH sebagai pihak kedua yang merupakan perguruan tinggi atau universitas yang memiliki sumber daya manusia yang kompeten di bidang penelitian dan pengembangan. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka kedua belah pihak bersepakat untuk teken MoU dengan tujuan untuk meningkatkan dan memanfaatkan potensi aquaria secara optimal melalui pengembangan penelitian, penidikan dan pemanfaatan potensi sumberdaya kelautan untuk kemajuan perusahaan dan masyarakat sekitar serta pemerintah daerah”. Ungkap Rektor UMRAH Prof. Akhlus saat di tanya oleh Teraju  tujuan dari penandatanganan MoU ini.

Sebagai wujud MOU ini UMRAH sebagai pihak kedua akan diberikan ruang pojok riset tersendiri (research corner), untuk melakukan riset terkait dengan spesies laut dan berkesempatan untuk mengajarkannya kepada pengunjung (turis) dengan konsep EDUPark. Pojok riset (research corner) nantinya akan digunakan bagi peneliti dari PPSPL serta Mahasiswa UMRAH.

Turut Hadir juga dalam kesempatan itu, Wakil Rektor II Bidang Umum Perencanaan dan Keuangan Agus Sutikno, SP, M.Si., Kepala LP3M Dr. Viktor Amrifo, M.Si., Kepala BUPK Drs. Edison, M.B.A., Staf Khusus Rektor Bidang Hukum dan Kerjasama Dr. Oksep Adhayanto, M.H., Wakil Dekan I FIKP UMRAH Chandra Joei Koenawan, S.Pi, M.Si., Kabag. Kemahasiswaan Raja Hardiansyah, S.H., dan Kasubag Kerjasama BAKK Muhammad Ulul Azmi, S.Sos.

(HUMAS/Rendi)

Editor : Adi Pranadipa

Pengguna Lulusan: Alumni UMRAH Berkualitas dan Berdaya Saing

0

DOMPAK – Menghadirkan mitra kerja institusi sebagai pengguna lulusan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dalam verifikasi data Sempena Asesmen Lapangan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) merupakan hal yang mutlak dalam proses asesmen Lapangan yang digelar Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi ini.

Hadir sebagai stakeholder pengguna lulusan UMRAH, prewakilan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepri, serta COnservation Lab Banyan Tree Bintan di ruang rapat Wakil Rektor I UMRAH, Senin (5/6).

Pada kesempatan ini tim asesor BAN-PT melakukan verifikasi serta wawancara langsung kepada Mitra pengguna lulusan UMRAH guna memenuhi syarat asesmen lapangan AIPT UMRAH.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kepri (PMD Dukcapil), Sardison, Ia sangat apresiatif sekali dengan lulusan FISIP UMRAH yang bekerja di Dinas yang dipimpinnya.

“Kebetulan saya adalah lulusan APDN jadi saya rasa kualitas kerja alumni UMRAH hampir menyamai dengan para alumni APDN. Baik itu dari sisi disiplin kerja maupun dari sisi kualitas kerjanya. Saya rasa itu adalah nilai tambah bagi UMRAH sebagai Perguruan Tinggi yang telah menciptakan lulusan yang baik yang berdaya saing, ” ungkapnya.

Sedangkan dari Conservation Lab Banyan Tree Grup, Henry Ali Singer menjelaskan kepada asesor bahwa lulusan UMRAH yang bekerja di unit-unit konservasi Banyan Tree Bintan Lagoi tak kalah mutunya dibanding lulusan IPB. “Terutama alumni jurusan kelautan” ungkapnya.

Ia juga berharap kedepannya UMRAH dapat menambah program studi baru, yakni program studi pariwisata, mengingat Kepri ini mendapat ranking ketiga setelah Jakarta dan Bali dari sisi minat pinta gerbang  Wisatawan Asing untuk datang berkunjung.

Dalam kesempatan yang sama  Sekretaris KPU Kepri, Ardianto mengatakan jika IPB dikenal sebagai pusat studi pertanian, maka UMRAH harus menjadi pusat pendidikan maritim di Indonesia.

“UMRAH harus ada icon tersendiri yang dapat dibanggakan”. Ungkap Ardianto

Sedangkan harapan dari perwakilan Dinas Pendidikan Kepri yang diwakili Dr. M. Dali agar UMRAH semakin lengkap dari fasilitas riset maritim.

“Mengingat UMRAH adalah Perguruan Tinggi di Bidang Kemaritiman maka perlu diusulkan adanya kapal riset milik UMRAH untuk fasilitas riset”. Ujar M. Dali

(HUMAS/Rendi)

Editor: Adi Pranadipa

Lima Mahasiswa Teknik Informatika UMRAH Raih Beasiswa Google Android Developer Expert

0

Senggarang – Lima Orang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika(TI) Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji berhasil menjadi bagian dari 125 orang mahasiswa yang diberikan beasiswa Google Android Developing Dicoding Academy, . 125 orang ini terpilih dari 8000 pendaftar periode Pertama sesuai apa yang diumumkan melalui laman dicoding.com (03/05/2018).

Kelima mahasiswa TI UMRAH tersebut adalah Ryan Rahman Setiawan dengan dosen pendamping Hendra Kurniawan, M.Sc.Eng, kemudian Titi Arimba, Wisnu Pebriadi, Ilham Ramadani, dan Aris Kurniawan dengan Dosen Pendamping Tekad Matulanan, M.Info.Tech. Kelima Orang mahasiswa TI UMRAH ini akan dibiayai oleh Google untuk menempuh kelas Google Developer Expert secara online.

Program Beasiswa pengembang Android untuk mahasiswa dan dosen ini sendiri merupakan kerjasama Dicoding Indonesia dengan Google. Beasiswa ini memberi kesempatan dosen dan mahasiswa untuk belajar mengembangkan Aplikasi sesuai dengan standar kurikulum yang diakui oleh Google.

Dicoding sendiri merupakan satu-satunya Google Authorized Training Partner di Indonesia, sehingga kode-kode yang dihasilkan dari program ini akan diulas oleh dicoding elite dan kemudian diperhitungkan dalam aktivitas yang dilakukan google developer di Indonesia.

Dalam program yang berlangsung mulai dari April 2018 hingga 31 Desember 2018 ini peserta akan belajar membangun aplikasi Android dengan materi Testing, Debugging, Application, Application UX, Fundamental Application Components, Persistent Data Storage, dan Enhanced System Integration.

Editor : Adi Pranadipa

Civitas Akademika UMRAH Sambut Ramadhan

0

Dompak – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar Tarhib Ramadhan untuk mengawali bulan ramadhan bersama segenap Pegawai dan Dosen, Rabu(16/5) di Auditorium Kampus Dompak. Tarhib Ramadhan yang dibuka oleh Wakil Rektor I UMRAH, Prof. Rayandra Asyhar ini diisi oleh Ustadz Dedi Sanjaya, Lc sebagai penceramah.

Dalam sambutan pembukaan tarhib ramadhan ini, Prof. Rayandra mengatakan bahwa kegiatan seperti ini adalah momentum yg sangat tepat utk mendapatan kecerahan jelang puasa.

“Marilah kita hayati, kita amalkan apa yang disampaikan ust. Dedi Sanjaya. Kalau niat kita sudah bersih, maka kita akan lakukan yg terbaik untuk negara, untuk UMRAH” pesan Prof. Rayandra.

Dalam Tazkirahnya, Ustad Dedi Sanjaya menyampaikan begitu perputaran waktu begitu cepat, insya Allah seluruh umat muslim di Indonesia melaksanakan puasa ramadhan, Kamis (17/05), Alhamdulillah semua ormas islam sepakat pada sidang itsbat.

“Semua orang menunggu ramadhan, bahkan kata Nabi Muhammad, yg sudah meninggal bangga dengan datangnya ramadhan,  bahkan tradisi kita di Indonesia karena sebelum ramadhan banyak orang berziarah dan memanjatkan doa kepada kerabat yang sudah mendahului” Ujar Ust. Dedi.

Kemudian tambahnya, Orang yang menjalankan puasa ramadhan, ketika masuk syawal diampunkan dari dosa-dosa. “inilah dahsyatnya ramadhan” pungkasnya

Di akhir ceramahnya Ust. Dedi Sanjaya berpesan kepada civitas Akademika UMRAH tentang wajib hukumnya untuk minta maaf kepada rekan-rekan satu umrah, karena mungkin entah tersalah cakap walau bercanda, ternyata membekas di hati.

Tarhib Ramadhan yang dipandu langsung oleh Kabiro UPK, Edison ini dihadiri oleh Wakil Rektor II, dekan FISIP, dekan FE dan segenap pegawai dan dosen UMRAH.

Editor : Adi Pranadipa

Kabar UMRAH