Home Blog

Lebih dari 60 Persen Bagi Hasil Migas Jadi Milik Indonesia

0
Kuliah Tamu SKK Migas

Dompak – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) wilayah Sumatera Bagian Utara, bersama perwakilan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), melaksanakan Kuliah Tamu di auditorium Kampus UMRAH Dompak, Rabu (18/4). Kuliah tamu bertajuk “Pengenalan Industri Hulu Migas dalam Pembangunan Nasional” ini disampaikan oleh Kepala Departemen Humas SKK Migas, Haryanto Syafri.

Dalam kegiatan ini disampaikan ruang lingkup kegiatan usaha hulu migas, dan kaitannya dengan kebutuhan migas nasional. Syafri menekankan bahwa, melalui Production Sharing Contract, Indonesia mendapatkan bagi hasil sebesar 85% untuk produksi minyak bumi dan 70% untuk produksi gas bumi.

“Sehingga bohong ketika ada yang menyatakan bahwa negara dikuasai asing” Ujarnya.

Pelaksana kegiatan ini, Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMRAH, Sayed Fauzan Riyadi, IMAS, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berarti, karena mampu menjawab berbagai pertanyaan mengenai industri hulu migas.

“Sering kami ditanya dan berdiskusi dengan para mahasiswa, terutama yang berasal dari Anambas dan Natuna, tentang keberadaan perusahaan migas, tentang DBH Migas, dan kegiatan CSR. Dengan kuliah tamu ini terbangun diskusi dan tanya jawab positif antara mahasiswa dengan pengelola dan pelaku usaha”ujar Sayed.

Selain dihadiri oleh mahasiswa dari lima fakultas, Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari PT. Medco E&P Natuna, Premier Oil Natuna Sea B.V, Star Energy dan Conrad Petroleum – West Natuna Exploration, Ltd.

Kontributor : Program Studi Hubungan Internasional FISIP UMRAH
Editor Teks : Adi Pranadipa

Pengumuman Verifikasi Data Calon Mahasiswa Lulus SNMPTN 2018

16

PENGUMUMAN
NOMOR : 1403/UN53.0/AK/2018
 
TENTANG
VERIFIKASI BERKAS AKADEMIK, UKT DAN BIDIK MISI CALON MAHASISWA UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

YANG LOLOS JALUR SNMPTN TAHUN AKADEMIK 2018/2019
 

Calon Mahasiswa Baru Universitas Maritim Raja Ali Haji yang dinyatakan Lolos Tahap I Jalur SNMPTN Tahun 2018 Wajib mengirimkan seluruh berkas yang disyaratkan oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji untuk digunakan dalam Verifikasi Dokumen sebagai dasar penentuan kelulusan Calon Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji Tahun Akademik 2018/2019. Berkas yang harus dikirim oleh Calon Mahasiswa adalah sebagai berikut :

BAGI CALON MAHASISWA BARU NON BIDIKMISI WAJIB MENGIRIMKAN DOKUMEN PERSYARATAN SEBAGAI BERIKUT :

  1. Dokumen Verifikasi Berkas Akademik :
  • Fotocopy Kartu Identitas Diri (KTP/SIM atau lainnya) rangkap dua.
  • Fotocopy Kartu Tanda Peserta SNMPTN Tahun 2018 rangkap dua.
  • Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dan fotokopi yang dilegalisir rangkap dua.
  • Fotocopy Rapor SMA/MA/SMK/sederajat Semester I sampai dengan Semester V yang telah dilegalisir setiap semesternya rangkap dua.
  • Pas Foto resmi berwarna ukuran 3×4 sebanyak dua lembar.
  • Surat Pernyataan kebenaran dokumen yang dicantumkan dengan materai 6000 (surat pernyataan terlampir pada lampiran surat ini).
  1. Verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  • Mengirimkan Berkas Data Dukung Calon Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 (Format Terlampir)
  • Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi Calon Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji Tahun 2018 dapat dilihat pada lampiran berikut ini.

Dokumen Berkas Akademik dan Berkas UKT dimasukkan kedalam amplop Coklat secara terpisah dengan format sebagai berikut :

BAGI CALON MAHASISWA BARU PENDAFTAR BIDIKMISI WAJIB MENGIRIMKAN DOKUMEN PERSYARATAN SEBAGAI BERIKUT :

  1. Dokumen Verifikasi Berkas Akademik :
  • Fotocopy Kartu Identitas Diri (KTP/SIM atau lainnya) rangkap dua.
  • Fotocopy Kartu Tanda Peserta SNMPTN Tahun 2018 rangkap dua.
  • Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dan fotokopi yang dilegalisir rangkap dua.
  • Fotocopy Rapor SMA/MA/SMK/sederajat Semester I sampai dengan Semester VI yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah setiap semesternya rangkap dua.
  • Fotocopy nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  • Pas Foto resmi berwarna ukuran 3×4 sebanyak dua lembar.
  • Surat Pernyataan kebenaran dokumen yang dicantumkan dengan materai 6000 (surat pernyataan terlampir pada lampiran surat ini).
  1. Dokumen Verifikasi Berkas BIDIK MISI :
  • Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi.
  • Fotocopy Bukti Penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) / Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang dilegalisir rangkap dua (apabila ada).
  • Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau yang sejenis sebagai bukti siswa aktif 2 (dua) rangkap.
  • Surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah rangkap dua.
  • Surat Keterangan Asli Penghasilan Orang Tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
  • Fotokopi Kartu Keluarga rangkap dua.
  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya (apabila mempunyai bukti pembayaran) rangkap dua.
  • Foto berwarna Keluarga di depan rumah tinggal orangtua/wali calon mahasiswa.
  • Foto berwarna rumah tinggal orangtua/wali calon mahasiswa (bagian depan rumah,ruang tamu, kamar mandi dan dapur).
  • Kartu Keluarga dan Fotokopi Kartu Keluarga rangkap dua.
  1. Dokumen Verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  • Mengirimkan Berkas Data Dukung Calon Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 (Format Terlampir)
  • Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi Calon Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji Tahun 2018 dapat dilihat pada lampiran berikut ini.

Dokumen Verifikasi Berkas Akademik dan Dokumen Verifikasi Berkas BIDIK MISI tersebut dimasukkan ke Amplop Coklat dan dikirimkan dengan format sebagai berikut :

  1. Berkas tersebut dikirimkan melalui Pos Ekspress tercatat paling lambat Tanggal 21 April 2018 (Cap Pos).
  2. Calon Mahasiswa dapat mengantarkan berkas secara langsung ke Universitas Maritim Raja Ali Haji di Pulau Dompak Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Waktu Pengantaran Dokumen secara Langsung :

Tanggal   : 18 s/d 23 April 2018

Waktu     : 09.00 s/d 15.00 WIB

  1. Pengumuman Hasil Verifikasi Berkas Rapor dan Bidik Misi Calon Mahasiswa Baru Universitas Maritim Raja Ali Haji Jalur SNMPTN Tahun Akademik 2018/2019 akan diumumkan pada Tanggal 02 Mei 2018 melalui laman umrah.ac.id.
  2. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi

  Contact Person :

Muhammad Ulul Azmi, S.Sos                       HP. 085331318484 (Berkas Akademik)
Jimmy Juzandra, ST                                     HP. 081275566000 (Berkas Bidikmisi)
Imaddudin Al-Islami, S.Pd                           HP. 081273810206 (Berkas Bidikmisi)
Yuni Trisandy, SE                                         HP. 085265686306 (Berkas UKT)
Ervinawati, SH                                               HP. 08126797999    (Berkas UKT)

Tanjungpinang, 10 April 2018
Rektor
Universitas Maritim Raja Ali Haji,

 dto

Prof. Dr. Syafsir Akhlus.,M.Sc
NIP. 196210031988011001

Informasi Lebih Lanjut mengenai Verifikasi Dokumen Calon Mahasiswa yang lulus SNMPTN 2018 di UMRAH dapat dilihat pada lampiran berikut:

Pengumuman No. 1403/UN53.0/AK/2018 – VERIFIKASI BERKAS AKADEMIK, UKT DAN BIDIK MISI CALON MAHASISWA UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI YANG LOLOS JALUR SNMPTN TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Lampiran Borang UKT
Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen

 

Surat Edaran Rektor tentang Batas Akhir Masa Studi

0

SURAT EDARAN
Nomor: 1397/UN53.0/TU/2018
Hal : Pemberitahuan Batas Akhir Masa Studi

Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa (Daftar Nama Terlampir).
Bahwa mahasiswa tersebut masa studinya akan berakhir pada semester 2017-2. Kepada mahasiswa tersebut agar dapat menyelesaikan studinya selambat-lambatnya pada 31 Juli 2018.

Apabila sampai pada batas tersebut tidak menyelesaikan studi, maka diperkenankan untuk
mengajukan surat pindah ke perguruan tinggi lain dan mendapatkan daftar nilai akademik selama perkuliahan di Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Jika lewat dari batas waktu tersebut tidak menyelesaikan studi atau tidak mengajukan surat pindah ke perguruan tinggi lain maka dinyatakan mengundurkan diri dari Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Tanjungpinang, 10 April 2018

Rektor
dto.
Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc
NIP. 196210031988011001

Lampiran:

Surat Edaran Masa Studi dan Lampiran Nama

RALAT SIARAN PERS SBMPTN 2018

0

Panitia Pusat SN-PMB PTN 2018. Dengan ini Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2018 menyampaikan informasi resmi tentang sistem penilaian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 (SBMPTN 2018) sebagai berikut:

Penilaian terhadap jawaban SBMPTN 2018 tidak lagi menggunakan skor 4 (empat) untuk jawaban benar, skor 0 (nol) untuk yang tidak menjawab, dan skor negatif 1 (-1) untuk jawaban yang salah seperti pada SBMPTN 2017.

Metode penilaian pada SBMPTN 2018 tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar dan salah oleh peserta, tetapi juga memperhitungkan karakteristik setiap soal khususnya tingkat kesulitan dan sensitifitasnya dalam membedakan kemampuan peserta.

Metode penilaian oleh Panitia Pusat dilakukan melalui 3 tahap, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. TahapI,seluruhjawabanpesertaSBMPTN2018akandiprosesdenganmemberiskor1(satu) pada setiap jawaban yang benar, dan skor 0 (nol) untuk setiap jawaban yang salah atau tidak dijawab/kosong.
  2. Tahap II, dengan menggunakan pendekatan Teori Response Butir (Item Response Theory) maka setiap soal akan dianalisis karakteristiknya, diantaranya adalah tingkat kesulitan relatifnya terhadap soal yang lain, dengan mendasarkan pada pola response jawaban seluruh peserta tes tahun 2018. Dengan menggunakan model matematika, maka akan dapat diketahui tingkat kesulitan soal-soal yang dikategorikan mudah, sedang, maupun sulit.
  3. Karakteristik soal yang diperoleh pada Tahap II, kemudian digunakan untuk menghitung skor setiap peserta. Soal-soal sulit akan mendapatkan bobot yang lebih tinggi dibanding soal-soal yang lebih mudah. Tahap-tahap penghitungan skor ini dilakukan oleh tim yang memiliki kompetensi di bidang pengujian, pengukuran dan penilaian.

Dengan sistem ini, maka setiap peserta yang dapat menjawab jumlah SOAL yang SAMA dengan BENAR, akan dapat memperoleh nilai yang BERBEDA tergantung pada soal mana saja yang mereka jawab dengan benar.

Contoh: peserta A dapat menjawab dengan benar 5 soal yaitu nomor 1, 5, 7, 11, dan 13, sedangkan peserta B juga dapat menjawab 5 soal dengan benar yaitu nomor 1, 5, 9, 12, dan 15, kedua peserta tersebut akan mendapatkan skor akhir yang berbeda karena butir soal yang dijawab dengan benar oleh peserta A memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan butir soal yang dikerjakan dengan benar oleh peserta B.

Penskoran ini sudah lama digunakan secara meluas di negara-negara maju di Amerika dan Eropa karena dengan menyertakan karakteristik setiap soal dalam penilaian, skor yang diperoleh akan lebih “fair” dan dapat membedakan kemampuan peserta dengan lebih baik. Petunjuk pengerjaan soal yang sesuai dengan sistem penilaian di atas, sudah disertakan pada setiap set soal yang diujikan.

Demikian informasi resmi ini untuk dapat diketahui oleh masyarakat dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Lampiran :

RALAT SIARAN PERS Metode Penilaian SBMPTN 2018

Kabar UMRAH